Berikan pendapatmu tentang dosen berkualitas di Universitas YARSI melalui https://layar.yarsi.ac.id/course/view.php?id=12871
This RPS template is modified by considering (a) internal and external audit processes in 2020; (b) explicit explanations; (c) optimization of asynchronous learning activities; and (d) ease of document maintenance or updating.
Mr. Danang Dwijo Kangko, MP is a lecturer from the Library and Information Science Study Program who improves the quality of learning in the Library Automation course. This semester, he is collaborating with several libraries and community reading parks to automate their libraries, and involving students in this course. Cool!! Studying while contributing directly to the community! What's even more fun is that the students' efforts in this project are equal to their final exam scores.
About the Project
In line with his PKM, this project aims to solve real problems in the reading room. During the second half of the semester, students in groups (4-5 people) will work on this project. Each student is asked to conduct observations, implementations, and evaluations of library automation systems in a library or community reading park. Each group will act as a consultant for integrated library automation system services and products for the designated library or community reading park managers.
The project results that will be assessed are documents (a) proposal; (b) contract, (c) photo or video documentation of project implementation; (d) final activity report; (e) peer assessment, and (f) assessment from partners. These documents will be uploaded during the Final Semester Exam week.
Late submission of Projects will result in a reduction in attitude score of 15 points per day up to a maximum of 3 days late.
Pak M. Fathurrachman dari Prodi Teknik Informatika akan bercerita tentang peningkatan kualitas pembelajaran yang dilakukannya pada mata kuliah Data Mining. Dengan mempertimbangkan karakteristik mahasiswa yang mengambil mata kuliahnya, beliau menyiapkan beberapa skenario untuk mengatasi masalah belajar mahasiswanya, baik dalam bentuk kegiatan atau alur belajar secara asinkronus.
Tentang Proyek Akhir
Pada Proyek akhir ini mahasiswa membuat laporan proyek penambangan data dalam format PKM 2021 atau Gemastik. Hasil proyek akhir berpotensi diusulkan pada Program Krreativitas Mahasiswa (Bidang AI, KC, Peneltiian), GEMASTIK, dan Jurnal FTI
Ms. Ade Nursanti from the Psychology Study Program will share her experience in improving the quality of learning in the School Psychology course. Students will be invited to explore the roles, functions, and problems faced by a School Psychologist through research results (ie, journals) and dialogue with School Psychologists in several schools.
Mr. Aya Yahya is a special lecturer for religious studies assigned to the Library and Information Science Study Program. On this occasion, he shared his experiences and processes in making the Religion 2 (Taharah) course more meaningful and have a positive impact on students, both in terms of cognitive (ie, critical thinking) and behavioral (ie, becoming a Muslim). Many things in this course have been modified, including the scope of the subject matter, how to deliver the material, optimization of asynchronous activities, and the role of assistants.
Pak Kukuh Fadli Prasetyo dari Prodi Ilmu Hukum akan menceritakan pengalamannya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah Sosiologi Hukum. Pada mata kuliah pilihan ini, selain mencapai target CPL, beliau ingin meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam membuat analisis dan menulis melalui tugas dan kegiatan belajar lainnya. Tidak hanya itu, pada semester ini, untuk pertama kalinya Pak Kukuh memanfaatkan poin sikap dalam perkuliahannya untuk melatih prilaku positif mahasiswa.
Ibu Penny Rahmah dari Prodi Manajemen mebagikan pengalamannya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah Statistika Bisnis. Beliau mengkombinasikan kuis mingguan dan proyek untuk melatih mahasiswa lebih mandiri dalam belajar; fokus pada proses, bukan pada nilai.
Pak Ananta Hagabean dari Prodi Manajemen membagikan pengalamannya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah Portofolio dan Manajemen Investasi. Pada mata kuliah ini, beliau bernavigasi mengakomodir kebutuhan mahasiswa, target mata kuliah, keterkaitan dengan mata kuliah lain, dan tim dosen yang mengajar mata kuliah yang sama. Tidak hanya itu adanya kerja sama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Indopremier, yang membuat mata kuliah ini terasa lebih nyata secara praktik. Melalui Project Based mahasiswa akan menghasilkan sebuah laporan hasil portofolio saham yang dipilihnya Menariknya nilai project based juga turut berkontribusi dalam komponen penilaian UAS.
Siapa yang tidak kenal Pak Elan Suherlan? Beliau berusa mendidik mahasiswanya menjadi manusia yang hakiki dengan sepenuh hati. Kali ini, beliau akan menceritakan pengalamannya mendesain mata kuliah Matematika Diskret 2. Pada mata kuliah ini, beliau memaksimalkan asinkronus di LAYAR dengan kuis dan tugas, keduanya dinilai secara otomatis. Beliau juga memberikan kegiatan refleksi dengan memanfaatkan peta konsep untuk membantu mahasiswa menyusun berbagai konsep yang dipelajari pada mata kuliah ini, dan pada akhirnya, menghubungkannya dengan berbagai materi pada mata kuliah lainnya.
Ibu Herika Hayurani dan Ibu Nurmaya, duet dosen dengan karakter, filosofi, dan prinsip yang agak berlawanan. Semester ini, mereka semakin jauh meninggalkan gaya teacher-centered dengan menyediakan kegiatan belajar yang lebih partisipatif, seperti design case study, peer evaluation, pair programming, dan refleksi dengan memanfaatkan concept map. Mereka semakin menyadari bahwa melalui student-centered learning, mereka tetap bisa mendidik dengan sepenuh hati, walau butuh tenaga lebih untuk menyesuaikan mindset dan menyiapkan berbagai kegiatan belajar.