Lewati ke konten utama
Beranda

Ringkasan topik

    • forum icon
      Pengumuman (Announcement) Forum

      Dapatkan informasi terkini terkait kuliah dalam forum ini! Pastikan kamu tetap subscribe forum ini agar mendapatkan notifikasi ketika ada berita baru.

      (This forum has the latest information about the college. Make sure you subscribe to this forum to receive notifications when there is new news.)

      Tidak tersedia kecuali: You are a(n) Siswa
    • url icon
      Rekapitulasi Nilai (Value Recapitulation) URL

      Silahkan lihat status nilai terakhirmu disini. Berkas ini akan diperbaharui secara berkala, jangan lupa untuk sering-sering dilihat. 

      (Please check your latest grade status here. This file will be updated periodically, don't forget to check it often.)

    • forum icon
      Diskusi (Discussion) Forum

      Gunakan forum ini untuk mendiskusikan atau bertanya tentang materi dan kegiatan kuliah kepada instruktur, asisten, ataupun peserta kuliah yang lain. Pastikan tidak ada informasi sensitif dalam tulisanmu karena akan dibaca oleh seluruh mahasiswa. Jangan lupa untuk menggunakan bahasa Indonesia dan etika berkomunikasi secara daring.

      (Use this forum to discuss or ask questions about course materials and activities with instructors, assistants, or other course participants. Make sure there is no sensitive information in your writing because it will be read by all students. Don't forget to use Indonesian and online communication ethics.)

    • forum icon
      Pengumpulan Bukti Kegiatan di Luar Perkuliahan (Collecting evidence outside of lectures) Forum
      Jatuh tempo: Senin, 23 Juni 2025, 15:00

      Kumpulkan bukti kegiatan di luar perkuliahan yang kamu ikuti disini, dengan membuat topik diskusi baru bernama "Kegiatan [Namamu]" (e.g., "Kegiatan Fulan"). Kumpulkan semua bukti kegiatanmu dalam topik diskusi tersebut untuk mempermudah monitoring. Agar dapat diakui, kegiatanmu harus terjadi pada semester Genap 2024/2025. Pengumpulan bukti kegiatan akan ditutup pada sebelum minggu UAS. 

      (Collect evidence of activities outside of lectures that you participate in here by creating a new discussion topic called "[Your Name]'s Activities" (e.g., "Fulan's Activities"). Collect all evidence of your activities in the discussion topic to make monitoring easier. In order to be recognized, your activities must occur in the Even Semester of 2024/2025. The collection of evidence of activities will be closed before the UAS week.)

  • Setelah mengikuti kuliah ini, kamu akan memahami ?. 

    Disclaimer: Kecuali disebutkan secara spesifik, materi, urutan penyajian, animasi, dan pertanyaan yang ada dalam kuliah ini merupakan karya [nama dosen] dan sengaja didistribusikan dengan lisensi Creative Common BY-NC-SA 4.0 International (https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/). 

    (After taking this course, you will understand ?.

    Disclaimer: Unless otherwise stated, the materials, presentation sequence, animations, and questions in this course are the work of [lecturer name] and are intentionally distributed under the Creative Commons BY-NC-SA 4.0 International license (https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/).)

    •  

      Panduan dari Universitas dan Program Studi  (Guide from Universities and Study Programs)

    • Tautan ini akan membawa kamu ke Ruang Komunikasi FTI dalam LAYAR. Di dalamnya terdapat beberapa panduan dari Universitas dan Program Studi yang bermanfaat untuk kegiatan belajar kamu. Terkait kuliah ini, dokumen yang perlu menjadi perhatian utama kamu adalah (a) 002.REK.PER.VII.2018 - Peraturan Akademik; (b) Playlist Video Penggunaan LAYAR; (c) Visi dan Misi Program Studi versi 1.00; dan (d) Acuan Penilaian Sikap pada Program Studi versi 1.04. Sempatkan untuk membaca, yah!

      (This link will take you to the FTI Communication Room in LAYAR. In it, there are several guides from the university and study programs that are useful for your learning activities. Regarding this lecture, the documents that need your main attention are (a) 002.REK.PER.VII.2018—Academic Regulations; (b) LAYAR Usage Video Playlist; (c) Study Program Vision and Mission Version 1.00; and (d) Reference for Attitude Assessment in Study Program Version 1.04. Take the time to read, okay!)

    •  

      Rencana Pembelajaran Semester dan Kontrak Kuliah (Semester Learning Plan and Study Contract)

    • Dokumen ini mendeskripsikan rencana pembelajaran dalam satu semester, termasuk kegiatan belajar setiap minggunya.

      (This document describes the learning plan for one semester, including learning activities for each week.)

    • Kamu perlu setuju dengan kontrak kuliah untuk mengakses berbagai materi dan aktivitas belajar dalam kuliah ini. Tapi sebelum itu pastikan telah membaca RPS yang telah disediakan. Jika kamu keberatan dengan kontrak kuliah ini, kamu bisa mencoba mengambil mata kuliah yang sama di semester lain dengan instruktur yang berbeda.

      (You need to agree to the course contract to access various materials and learning activities in this course. But before that, make sure you have read the RPS that has been provided. If you object to this course contract, you can try taking the same course in another semester with a different instructor.)

    •  

       Pustaka Daring (Online Library)

      Berikut ini adalah referensi yang tersedia secara daring untuk memperkaya dan memperdalam kompetensimu:

      (The following are references available online to enrich and deepen your competencies:)

    • Darari, Fariz. Knowledge Graphs Mini Handbook. Faculty of Computer Science: Universitas Indonesia, 2021

    • Albert, Bill & Tullis, Tom. Measuring the User Experience: Collecting, Analyzing, and Presenting Usability Metrics (Interactive Technologies) 2nd Edition. Newnes, 2013

    • Elaina Norlin & CM Winters. Usability for Library Website . Chicago: ALA Press, 2002.

    • IFLA. Guidelines for translations of the IFLA ISBD namespace in RDF (April 2017). IFLA Publications. 2017 https://repository.ifla.org/items/507c84ae-f8fc-40df-babb-4a6f5246433c

    • IFLA. Guidelines for Use of ISBD as Linked Data (2016). IFLA Publications. 2016 https://repository.ifla.org/handle/20.500.14598/1384

loader image