Garis besar topik

  • Topik 12: Struktur Graph dan Tree

    • Materi Utama

      Silahkan manfaatkan materi mengenai struktur Graph dan Tree yang dibahas pada mata kuliah Matematika Diskret 2.

    •    

      Latihan Teori

      Latihan Teori merupakan kegiatan belajar mandiri berbasis masalah (problem-based learning) yang disediakan untuk membantumu memonitor pemahaman teoritis dan mencatat kehadiran belajarnya. Latihan Teori bisa dikerjakan berulang kali selama masih dibuka, dengan 30 menit waktu tunggu antar percobaan. Nilai final yang akan digunakan adalah percobaan Latihan Teori dengan dengan nilai terbaik. Tipe soal yang diberikan dalam kegiatan ini adalah benar/salah, pilihan ganda, mencocokan, dan jawaban pendek.

    •    

      Praktikum

      Praktikum merupakan kegiatan belajar mandiri berbasis masalah (problem-based learning) yang disediakan untuk meningkatkan kemampuan teknis dan mencatat kehadiran belajarmu. Pada kegiatan ini, kamu diminta untuk mendesain beberapa program sesuai dengan spesifikasi yang diberikan. Soal-soal yang diberikan dalam Praktikum didesain secara bertingkat (scaffold) untuk menumbuhkan energi positifmu terkait pemrograman.

      Praktikum bisa dikerjakan berulang kali selama masih dibuka, dengan 30 menit waktu tunggu antar percobaan. Nilai final Praktikummu akan diambil dari solusi dengan nilai terbaik.

    • Application Programming Interface (API) yang berisi deskripsi tentang berbagai macam field, constructor, dan method yang dimiliki kelas ini. 

    •    

      Pertemuan Sinkronus

      Pertemuan sinkronus akan diadakan untuk membahas Topik ini. Silahkan manfaatkan tautan di bawah untuk bergabung dalam webmeeting perkuliahan. Jika kamu memiliki pertanyaan terkait Topik yang sedang atau sudah dibahas, silahkan tuliskan pada aktivitas "saya ingin lebih tahu tentang..." agar juga dapat dibahas dengan detail pada pertemuan sinkronus.

    •    

      Refleksi

      Penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang lebih reflektif dalam belajar cenderung akan lebih berhasil secara akademis (Butler & Cartier, 2005; Butler & Winne, 1995; Coutinho, 2007; Lawanto, 2010; Lawanto et al., 2013; Lawanto & Johnson, 2009; Pintrich, 2002; Schoenfeld, 1983) serta lebih baik dalam belajar dan membuat program komputer (Bergin et al., 2005; Falkner et al., 2014; Havenga, 2015; Kumar et al., 2005), jika dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak reflektif.

      Kegiatan ini disiapkan untuk melatih kamu agar terbiasa reflektif dalam belajar, sehingga kamu bisa menggunakan keahlian ini kapan dan di mana saja, sampai tua. Jika kamu tidak mengisi refleksi atau memberikan jawaban tidak berfaedah, kamu akan mendapatkan -5 poin sikap. Kamu bisa menuliskan refleksi tambahan selama waktu pengisian belum ditutup.

    •    

      Materi Pengayaan

      Materi Utama yang diberikan, fokus pada konsep dan prinsip inti serta cara pemanfaatannya. Ada beberapa isu yang memang sengaja tidak dibahas. Jika kamu ingin mengetahui tentang hal-hal yang sengaja dilewatkan, silahkan kunjungi materi tambahan di bawah ini.

    • This page contains detailed tutorials on different data structures (DS) with topic-wise problems

    • A Graph is a non-linear data structure consisting of nodes and edges. The nodes are sometimes also referred to as vertices and the edges are lines or arcs that connect any two nodes in the graph. More formally a Graph can be defined as, a finite set of vertices(or nodes) and set of Edges which connect a pair of nodes.