Skip to main content
Home
Completion requirements
Make a choice

Kontrak Kuliah ini mengacu pada Rencana Pembelajaran Semester; hal-hal yang belum tertuang dalam Kontrak Kuliah ini dapat dilihat dalam RPS yang telah disediakan. Mata kuliah ini diampu oleh Andreas Febrian, yang tugas utamanya bukanlah mengajar, namun mengarahkan kegiatan belajar mahasiswa melalui berbagai aktivitas belajar.

Beberapa hal yang perlu ditegaskan dari RPS adalah sebagai berikut:

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Struktur Data dan Algoritma (SDA) merupakan lanjutan dari mata kuliah Dasar-Dasar Pemrograman (DDP) pada semester pertama. Sama seperti DDP, mata kuliah ini didesain untuk membangun kompetensi lulusan Program Studi Teknik Informatika agar bisa membuat program komputer. Seluruh kompetensi yang sudah disampaikan dan dilatih pada mata kuliah DDP akan digunakan dalam mata kuliah ini. Artinya, bahasa pemrograman Java™ juga digunakan dalam mata kuliah SDA.

Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan dilatih untuk lebih terbiasa dan percaya diri dalam membuat program, serta mengembangkan sikap-sikap (e.g., jujur, berani mencoba, dan pembelajar mandiri) yang diperlukan bisa sukses secara akademik dan profesional. Kedua kemampuan tersebut diperlukan agar bisa berhasil melewati seluruh kuliah yang ditawarkan selama masa studi - termasuk ketika mengikuti kegiatan kuliah kerja nyata, magang, dan skripsi - serta menjadi cendikiawan dan profesional muslim.

Setelah mengikuti mata kuliah dasar ini, mahasiswa akan mampu merumuskan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu persoalan (i.e., algoritma) dan mengimplementasikannya dalam suatu bahasa pemrograman tertentu. Bahasa pemrograman Java™ akan digunakan dalam kuliah ini, namun dengan paradigma pemrograman prosedural, alih-alih berorientasi pada objek. Konsep-konsep pemrograman yang akan dibahas adalah teknik rekursif, berbagai algoritma pengurutan dan kompleksitasnya, dan berbagai macam struktur data.

Selama masa pembelajaran, mahasiswa akan sering diberikan latihan untuk membiasakan pikirannya dan melatih kemampuan regulasi dirinya dalam membuat program. Prinsip utama dalam mata kuliah ini adalah #pintarItuPilihan.

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Berikut adalah target CPL pada mata kuliah ini:

Kode Deskripsi
S1 Menjadi muslim yang ScoRe (Smart, Compassionate, Reliable)
KU1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi
KU2 Menunjukkan profesionalitas yang memperhatikan nilai-nilai humaniora
P1 Menguasai konsep dan prinsip pemodelan matematika, statistika, dan struktur diskrit untuk menganalisis dan menyelesaikan masalah logika dan komputasi
P3 Menguasai konsep dasar algoritma, struktur data, dan kompleksitas untuk memecahkan permasalahan desain sebuah perangkat lunak serta mengimplementasikannya menggunakan paradigma pemrograman deklaratif, terstruktur, dan berorientasi objek

Untuk informasi lebih lengkap, silahkan lihat Rencana Pembelajaran Semester yang tersedia di LAYAR.

Metode Belajar

Kegiatan belajar dalam mata kuliah ini dapat dilakukan secara tatap muka, mengerjakan kegiatan terstruktur, ataupun belajar mandiri. Perkuliahan dilakukan secara daring menggunakan metode asinkronus dan sinkronus, dengan kegiatan asinkronus sebagai modus utama. Kegiatan belajar akan menggunakan prinsip #pintarItuPilihan di mana konsistensi mahasiswa dalam belajar secara mandiri menggunakan berbagai sumber yang diberikan, akan menentukan prestasi mereka.

Kegiatan asinkronus akan dilakukan via LAYAR. Mahasiswa hanya akan dapat mengakses materi kuliah dan mengikuti berbagai aktivitas belajar setelah menyetujui Kontrak Kuliah yang tersedia di LAYAR. Mahasiswa yang tidak menyetujui kontrak kuilah bisa mengambil mata kuliah ini pada kesempatan lain. Sumber dan kegiatan belajar yang disediakan adalah: (a) melihat dan memahami Slide Presentasi dan Video Penjelasan-nya; slide dan video dapat dilihat berulang kali; (b) mengerjakan Latihan Teori secara mandiri untuk meningkatkan pemahaman terhadap ide, konsep, dan prinsip yang sedang dibahas; (c) melihat dan memahami Video Tutorial; video dapat dilihat berulang kali; (d) mengerjakan Praktikum secara mandiri untuk meningkatkan kemampuan programming dalam mengimplementasikan ide, konsep, dan prinsip yang sedang dibahas; (e) melakukan dan menulis hasil refleksi terkait pengalaman belajar dan topik yang sedang dibahas; dan (f) mengerjakan Tugas secara mandiri (kecuali boleh dikerjakan secara berkelompok) untuk meningkatkan kemampuan programming dalam mengimplementasikan ide, konsep, dan prinsip yang sedang dibahas.

Kegiatan sinkronus diperuntukan untuk pengayaan, yaitu membahas isu, tantangan, dan kendala yang dihadapi oleh mahasiswa ketika memahami dan menyelesaikan berbagai kegiatan belajar mandiri, dengan menuliskannya pada kegiatan “saya ingin tahu lebih tentang…” yang disediakan setiap minggunya. Jika ada hal yang perlu dibahas, pertemuan sinkronus akan dilakukan dengan memanfaatkan Zoom (https://zoom.us/), Discord (https://discord.com/), atau JitSi (https://meet.jit.si/); informasi pertemuan sinkronus akan tersedia di LAYAR.

Asisten mata kuliah disediakan untuk membantu mahasiswa dalam memahami dan menyelesaikan kegiatan belajar. Selain itu, media tanya jawab melalui Discord, yang dilengkapi dengan bot, juga disediakan oleh asisten untuk meningkatkan kualitas layanan mereka.

Komponen Penilaian

Berikut adalah komponen penilaian yang digunakan pada mata kuliah ini:

% Komponen
20% Tugas
20% Latihan Teori
20% Praktikum
20% Unjuk Kemampuan
20% Sikap

Nilai Tugas

Tugas merupakan kegiatan belajar mandiri berbasis masalah (problem-based learning) yang disediakan untuk mendorong mahasiswa mengembangkan kompetensinya. Mata kuliah ini menyediakan enam tugas mandiri dan satu tugas kelompok. Setiap tugas memiliki durasi pengerjaan yang berbeda-beda. Pada Tugas mandiri, mahasiswa diminta untuk menyelesaikan masalah desain pemrograman komputer. Sedangkan pada Tugas kelompok, setiap kelompok diminta untuk berperan sebagai tutor kegiatan workshop yang sedang mempersiapkan berbagai materi. Mahasiswa yang terlambat mengumpulkan hasil pekerjaannya dianggap tidak menyelesaikan tugas tersebut.

Setiap solusi yang dikumpulkan akan diperiksa kualitas bahasa yang digunakan. Setiap penggunaan yang tidak sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), akan dikenakan potongan nilai sebesar lima poin; hal ini sejalan dengan target S1.1 dan KU2.2. Selain itu, setiap solusi Tugas mandiri akan diperiksa kemiripannya dengan solusi lainnya (lihat bagian Plagiarisme dan Kecurangan Lainnya); hal ini sejalan dengan target S1.1, S1.3, dan KU1.1.

Nilai Latihan Teori

Latihan Teori merupakan kegiatan belajar mandiri berbasis masalah (problem-based learning) yang disediakan untuk membantu mahasiswa memonitor pemahaman teoritis dan mencatat kehadiran belajarnya. Mata kuliah ini menyediakan 13 kegiatan Latihan Teori. Tipe soal yang diberikan dalam kegiatan ini adalah benar/salah, pilihan ganda, mencocokan, dan jawaban pendek.

Nilai Praktikum

Praktikum merupakan kegiatan belajar mandiri berbasis masalah (problem-based learning) yang disediakan untuk meningkatkan kemampuan teknis dan mencatat kehadiran belajar mahasiswa. Mata kuliah ini menyediakan 14 kegiatan Praktikum. Pada kegiatan ini, mahasiswa diminta untuk mendesain beberapa program sesuai dengan spesifikasi yang diberikan. Soal-soal yang diberikan dalam Praktikum didesain secara bertingkat (scaffold) untuk menumbuhkan energi positif pada mahasiswa terkait pemrograman.

Nilai Unjuk Kemampuan

Unjuk Kemampuan merupakan teknik evaluasi berbasis masalah (problem-based learning) yang dilakukan secara individual dan sinkronus. Mata kuliah ini memiliki empat kegiatan Unjuk Kemampuan, di mana setiap kegiatan berlangsung selama dua minggu. Tidak ada kesempatan Unjuk Kemampuan susulan, kecuali untuk mahasiswa yang mendapatkan kendala serius.

Mahasiswa yang ingin menunjukkan kemampuannya, perlu menjadwalkan pertemuan sinkronus dengan salah satu Asisten. Pada pertemuan tersebut, asisten akan memberikan beberapa pertanyaan terkait topik tertentu, termasuk meminta mahasiswa mendemonstrasikan kemampuan pemrogramannya. Durasi pertemuan ini akan bergantung pada kecepatan dan ketepatan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan yang diberikan.

Nilai Sikap

Mahasiswa akan diberikan nilai sikap awal sebesar 50 poin yang melambangkan bahwa mahasiswa dilihat tanpa bias, tidak sangat nakal dan tidak sangat baik. Secara umum, poin ini akan berkurang 1 sampai 20 poin jika tidak berprilaku seperti seorang muslim, melanggar etika akademik, melanggar peraturan akademik, atau mengabaikan kegiatan belajar. Nilai ini juga dapat bertambah ketika membuat pilihan pintar, seperti berpartisipasi dalam penelitian, kegiatan lomba, dan kegiatan positif lainnya. Acuan Penilaian Sikap yang disediakan Program Studi akan digunakan sebagai acuan utama. Komponen nilai sikap juga dapat bernilai minus dan mengurangi nilai komponen lainnya. Nilai maksimum sikap adalah 100 poin.

Penambahan dan pengurangan poin sikap akan mengikuti acuan dari progam studi dengan modifikasi dibeberapa bagian. Berikut skema yang digunakan dalam kuliah ini:

Prilaku Efek per-Kejadian Catatan
Plagiat/Berbohong -20 Termasuk jika mahasiswa menitip absen. Sanksi ini akan dikenakan pada pelaku dan pendukungnya (e.g., yang memberikan contekan, menandatangani absensi, dan yang tahu namun tidak melaporkan). Jika pelaku tidak mengaku, maka sanksi akan dijatuhkan kepada seluruh peserta kuliah.
Tidak Berprilaku Sebagai Seorang Muslim -6 e.g., membuang sampah sembarangan (sanksi bisa dikenakan ke satu kelas), merusak failitas universitas dan umum, atau menghina teman.
Tidak Berpakaian Sesuai Aturan -5 Fokus:
  1. Untuk laki-laki: rambut panjang, baju tidak berkerah, celana pendek atau robek-robek, atau tidak bersepatu.
  2. Untuk perempuan: rambut terlihat, celana/rok 3/4 atau lebih pendek, lengan baju 3/4 atau lebih pendek, pakaian ketat, atau tidak bersepatu.
Mengabaikan Kegiatan Belajar -5 e.g., tidak mengisi refleksi, tidak mengerjakan praktikum, tidak mengikuti kuis, bermain HP (seperti membuka Instagram atau WhatsApp), berisik, mengerjakan tugas yang lain, atau bermain game.
Mengikuti Seminar +5 Baik seminar di tingkat lokal, regional, nasional, ataupun internasional. Mahasiswa harus menyertakan bukti mengikuti kegiatan, seperti sertifikat atau surat tugas dari institusi resmi.
Terlibat dalam Organisasi/Kepanitiaan +5 Mahasiswa harus menyertakan bukti, seperti sertifikat atau surat tugas dari institusi resmi.
Nilai Kuis Teori >= 70 +5 Akan ditambahkan secara otomatis dan tidak akan diumumkan di e-learning.
Nilai Kuis Koding >= 70 +6 Akan ditambahkan secara otomatis dan tidak akan diumumkan di e-learning.
Partisipan Penelitian +6 Mahasiswa harus menyertakan bukti, seperti surat pernyataan dari peneliti atau surat tugas dari fakultas.
Konsisten dalam Menyelesaikan Berbagai Kegiatan Belajar +7 Kegiatan belajar yang diobservasi adalah latihan setiap minggu, tugas, kuis teori & koding, dan refleksi. Mahasiswa yang konsisten dalam mengikuti kegiatan belajar memiliki kemungkinan sukses lebih tinggi dibandingkan yang tidak konsisten.
Mengikuti Lomba +10 Baik akademik ataupun non-akademik. Mahasiswa harus menyertakan bukti keikutsertaan, seperti surat undangan, sertifikat, surat pernyataan dari panitia lomba, atau surat tugas dari fakultas.
Juara Lomba +5 Akan ditambahkan bagi mahasiswa yang mengikuti lomba dan menang. Bukti kemenangan harus disertakan, seperti sertifikat.
Asisten Mata Kuliah/Penelitian/Proyek atau Relawan Bencana +13 Mahasiswa harus membawa nama Fakultas Teknologi Informasi atau Universitas YARSI dalam kegiatan seperti ini; bukan bertindak atas nama pribadi. Mahasiswa harus menyertakan bukti keikutsertaan, seperti sertifikat, surat pernyataan dari panitia kegiatan atau ketua peneliti, atau surat tugas dari fakultas.
Score Typing >= 60 WPM +20 Harus dibuktikan di depan anggota tim Type-Key.

Kata "seperti" mengindikasikan contoh, artinya Anda bisa menggunakan bukti dalam bentuk lain selama masuk akal. Silahkan berdiskusi langsung dengan instruktur untuk memastikannya.

Guna menumbuhkan kebiasaan ingin berkembang, mahasiswa diwajibkan untuk mengisi Refleksi mingguan, di mana mereka diminta menceritakan pengalaman berkesan atau tantangan yang dihadapi pada minggu tersebut. Selain itu, untuk menumbuhkan sikap bertanggungjawab, mahasiswa harus selalu mengerjakan Latihan Teori, Praktikum, Tugas, dan Refleksi setiap minggunya, atau akan mendapatkan pengurangan lima poin sikap.

Plagiarisme dan Kecurangan Lainnya

Mahasiswa yang dicurigai melakukan atau berbuat curang pada berbagai kegiatan belajar dan evaluasi yang disediakan, termasuk Tugas dan Unjuk Kemampuan, akan mendapatkan nilai nol untuk kegiatan yang berhubungan dan pengurangan 20 poin sikap. Mahasiswa bisa mendapatkan nilai penuh jika berhasil membuktikan sebaliknya. Pembuktian dapat dilakukan dengan menghubungi salah satu asisten dan menjawab soal pemrograman yang mereka berikan. Cara pembuktian lain juga bisa digunakan selama masuk akal.

Guna mengurangi bias dan kesalahan dalam mendeteksi plagiarisme pada solusi Tugas, aplikasi LARON akan digunakan. LARON merupakan perangkat lunak yang dikembangkan di Universitas YARSI, yang didesain untuk mendeteksi plagiarisme pada kode program dengan tingkat fleksibilitas tinggi. Laron memungkinkan instruktur dan asisten untuk menggunakan standar plagiarisme yang berbeda untuk tugas yang berbeda.

Perbaikan dan Klarifikasi Nilai

Mahasiswa dapat melihat nilai yang mereka peroleh melalui Google Sheet kapan saja setelah tersedia. Klarifikasi nilai dapat dilakukan melalui forum berita, forum diskusi, atau Discord. Perbaikan nilai hanya bisa dilakukan selama proses pembelajaran (14 minggu) berlangsung. Tidak ada alternatif perbaikan selain yang sudah dijelaskan.

Komunikasi diluar Jam Kuliah

Mahasiswa bisa memanfaatkan Discord atau forum diskusi dan fitur chat di LAYAR untuk berkomunikasi dengan instruktur (i.e., dosen dan asisten) di luar waktu pertemuan sinkronus.

Aturan

Selain peraturan kelas, kuliah ini juga akan menerapkan seluruh peraturan akademik yang berlaku di tingkat Universitas, Fakultas, dan Program Studi. Instruktur bisa memberikan hukuman yang mempengaruhi nilai satu kelas jika diperlukan. Instruktur juga bisa dan akan menambahkan peraturan-peraturan lain, jika dirasa relevan dan diperlukan. Jika mahasiswa melakukan hal-hal yang melanggar aturan NKRI, Universitas, Fakultas, Program Studi, dan Norma yang berlaku di masyarakat, bisa dikenakan sanksi pengurangan poin sikap, sesuai dengan kebijakan pemberi hukuman.

Tidak Setuju dengan Kontrak Ini?

Jika Anda tidak setuju dengan kontrak ini, silahkan mengambil kuliah yang sama di semeter berbeda dengan instruktur lain. Instruktur berhak untuk tidak menilai atau mengajari mahasiswa yang tidak menyetujui kontrak kuliah ini.

Setuju dengan Kontrak Ini?

Nyatakan persetujuan Anda dengan memilih opsi di bawah dan menekan tombol "Simpan" atau Save.

The results are not currently viewable.
loader image