Lewati ke konten utama
Beranda

Ringkasan topik

  • Informasi Umum

    Setelah mengikuti kuliah ini, kamu akan memahami akan mampu merumuskan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu persoalan (i.e., algoritma) dan mengimplementasikannya dalam suatu bahasa pemrograman tertentu. Bahasa pemrograman JavaTM akan digunakan dalam kuliah ini, namun dengan paradigma pemrograman prosedural, alih-alih berorientasi pada objek. Konsep-konsep pemrograman yang akan dibahas adalah teknik rekursif, berbagai algoritma pengurutan dan kompleksitasnya, dan berbagai macam struktur data.

    Disclaimer: Kecuali disebutkan secara spesifik, materi, urutan penyajian, animasi, dan pertanyaan yang ada dalam kuliah ini merupakan karya Andreas Febrian dan sengaja didistribusikan dengan lisensi Creative Common BY-NC-SA 4.0 International (https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/).

    • forum icon
      Pengumuman Forum

      Dapatkan informasi terkini terkait kuliah dalam forum ini! Pastikan kamu tetap subscribe forum ini agar mendapatkan notifikasi ketika ada berita baru.

      Tidak tersedia kecuali: You are a(n) Learner
    • forum icon
      Diskusi Forum

      Gunakan forum ini untuk mendiskusikan isu dan tantangan yang kamu temui ketika berinteraksi dengan sumber dan kegiatan belajar. Insya Allah, instruktur, asisten, ataupun para pejuang lainnya akan menjawab pertanyaanmu. Pastikan tidak ada informasi sensitif dalam tulisanmu karena akan dibaca oleh seluruh mahasiswa. Jangan lupa untuk menggunakan bahasa Indonesia dan etika berkomunikasi secara daring.

    • forum icon
      Pengumpulan Bukti Kegiatan di Luar Perkuliahan Forum

      Kumpulkan bukti kegiatan di luar perkuliahan yang kamu ikuti disini, dengan membuat topik diskusi baru bernama "Kegiatan [Namamu]" (e.g., "Kegiatan Fulan"). Kumpulkan semua bukti kegiatanmu dalam topik tersebut untuk mempermudah monitoring. Agar dapat diakui, kegiatanmu harus terjadi pada semester Genap 2020/2021 , yang dimulai sejak 1 Februari 2021. Pengumpulan bukti kegiatan akan ditutup pada 30 Mei 2021 pukul 23:59 WIB (i.e., satu hari sebelum minggu UAS).

  • Karakteristik, Rencana Pembelajaran Semester, Kontrak, dan Server Discord Kuliah

    Struktur Data dan Algoritma merupakan mata kuliah pemrograman dengan tingkat kelulusan 49.37% (i.e., memperoleh nilai total >= 50 poin) bagi mahasiswa semester dua. Di antara mahasiswa yang lulus tersebut, 10.68% memperoleh nilai total >= 70 poin. Agar kamu bisa menjadi golongan mahasiswa seperti ini, baca dan pahami penjelasan mengenai karakteristik, Rencana Pembelajaran (RPS), Kontrak, dan Server Discord mata kuliah ini dengan baik.

    Berkas: 2 Pemilihan: 1
  • Informasi Umum

    Pada bagian ini, kamu akan menemukan tautan ke berbagai aturan, aplikasi, dan sumber belajar yang digunakan dan dapat mendukung kesuksesanmu dalam mata kuliah ini.

    Area teks dan media: 5 URLs: 10 Berkas: 1
  • Tugas Mandiri

    Tugas mandiri merupakan kegiatan belajar mandiri berbasis masalah (problem-based learning) yang disediakan untuk mendorong kamu dalam mengembangkan kompetensimu. Pada Tugas ini, kamu diminta untuk menyelesaikan masalah desain pemrograman komputer. Jika kamu terlambat mengumpulkan hasil pekerjaanmu, maka kamu dianggap tidak menyelesaikan Tugas tersebut.

    Setiap solusi yang kamu kumpulkan akan diperiksa kualitas bahasanya. Setiap penggunaan yang tidak sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), akan dikenakan potongan nilai sebesar lima poin. Selain itu, solusimu juga akan diperiksa kemiripannya dengan solusi lainnya. Kedua hal ini sejalan dengan target CPL (S1) Menjadi muslim yang ScoRe (Smart, Compassionate, Reliable) dan (KU2) Menunjukkan profesionalitas yang memperhatikan nilai-nilai humaniora.

  • Tugas Kelompok

    Tugas kelompok merupakan kegiatan belajar berbasis masalah (problem-based learning) yang disediakan untuk mendorong kamu mengembangkan kompetensimu. Pada Tugas ini, kamu berperan sebagai instruktur workshop yang sedang bersiap untuk menjelaskan salah satu algoritma pengurutan. Jika kamu terlambat mengumpulkan hasil pekerjaanmu, maka kamu dianggap tidak menyelesaikan Tugas ini.

  • Unjuk Kemampuan

    Unjuk Kemampuan merupakan teknik evaluasi berbasis masalah (problem-based learning) yang dilakukan secara individual dan sinkronus. Untuk berpartisipasi dalam evaluasi ini, kamu perlu membuat jadwal pertemuan sinkronus dengan salah satu Asisten. Pada pertemuan tersebut, kamu harus menjawab pertanyaan dan mendemokan keahlianmu, sesuai dengan permintaan Asisten. Maksimum durasi per pertemuan adalah 30 menit dan dapat berakhir lebih cepat sesuai kecepatan dan ketepatanmu menjawab pertanyaan yang diberikan. Tidak ada kesempatan Unjuk Kemampuan susulan, kecuali jika kamu mendapatkan kendala serius.

  • Topik 1: Review Pemrograman Java(TM)

    Area teks dan media: 6 URLs: 15
  • Topik 2: Rekursif Dasar

  • Topik 3: Backtracking

  • Topik 4: Teknik Divide & Conquer dan Dynamic Programming

  • Topik 5: Algoritma Pengurutan Bubble dan Kompleksitasnya

    Area teks dan media: 6 Berkas: 1 Hot Questions: 2 URLs: 6
  • Topik 6: Algoritma Pengurutan Quick dan Kompleksitasnya

    Area teks dan media: 8 Berkas: 7 URLs: 7
  • Topik 7: Algoritma Pengurutan tanpa Perbandingan

    Area teks dan media: 6 Berkas: 1
  • Minggu UTS

  • Topik 8: Struktur ArrayList dan LinkedList

    Area teks dan media: 9 Berkas: 9 URLs: 6
  • Topik 9: Struktur Stack dan Queue

    Area teks dan media: 9 Berkas: 7 URLs: 7
  • Topik 10: Struktur Map dan HashMap

    Area teks dan media: 7 Berkas: 1 URLs: 6
  • Topik 11: Teknik Rekursif dengan Struktur Data Baru

    Area teks dan media: 5 Berkas: 1
  • Topik 12: Struktur Graph dan Tree

    Area teks dan media: 6 Berkas: 3 URLs: 2
  • Topik 13: Struktur BinaryTree dan BinarySearchTree

    Area teks dan media: 6 URLs: 3
  • Topik 14: Memanipulasi BinarySearchTree

    Area teks dan media: 6 URLs: 2
  • Minggu UAS

loader image