Lewati ke konten utama
Beranda

Ringkasan topik

  • Setelah mengikuti kuliah ini, kamu akan memahami akan mampu merumuskan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu persoalan (i.e., algoritma) dan mengimplementasikannya dalam suatu bahasa pemrograman tertentu. Bahasa pemrograman JavaTM akan digunakan dalam kuliah ini, namun dengan paradigma pemrograman prosedural, alih-alih berorientasi pada objek. Konsep-konsep pemrograman yang akan dibahas adalah teknik rekursif, berbagai algoritma pengurutan dan kompleksitasnya, dan berbagai macam struktur data.

    Disclaimer: Kecuali disebutkan secara spesifik, materi, urutan penyajian, animasi, dan pertanyaan yang ada dalam kuliah ini merupakan karya Andreas Febrian dan sengaja didistribusikan dengan lisensi Creative Common BY-NC-SA 4.0 International (https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/).

    • forum icon
      Pengumuman Forum

      Dapatkan informasi terkini terkait kuliah dalam forum ini! Pastikan kamu tetap subscribe forum ini agar mendapatkan notifikasi ketika ada berita baru.

      Tidak tersedia kecuali: You are a(n) Learner
    • forum icon
      Diskusi Forum

      Gunakan forum ini untuk mendiskusikan isu dan tantangan yang kamu temui ketika berinteraksi dengan sumber dan kegiatan belajar. Insya Allah, instruktur, asisten, ataupun para pejuang lainnya akan menjawab pertanyaanmu. Pastikan tidak ada informasi sensitif dalam tulisanmu karena akan dibaca oleh seluruh mahasiswa. Jangan lupa untuk menggunakan bahasa Indonesia dan etika berkomunikasi secara daring.

    • forum icon
      Pengumpulan Bukti Kegiatan di Luar Perkuliahan Forum

      Kumpulkan bukti kegiatan di luar perkuliahan yang kamu ikuti disini, dengan membuat topik diskusi baru bernama "Kegiatan [Namamu]" (e.g., "Kegiatan Fulan"). Kumpulkan semua bukti kegiatanmu dalam topik tersebut untuk mempermudah monitoring. Agar dapat diakui, kegiatanmu harus terjadi pada semester Genap 2020/2021 , yang dimulai sejak 1 Februari 2021. Pengumpulan bukti kegiatan akan ditutup pada 30 Mei 2021 pukul 23:59 WIB (i.e., satu hari sebelum minggu UAS).

    • Materi Utama

      Silahkan manfaatkan video-videe berikut untuk membantu kamu mengingat berbagai konsep, prinsip, dan teknik dasar pemrograman Java TM. Jika masih kurang mencukupi, silahkan lihat materi yang diberikan pada mata kuilah Dasar-Dasar Pemrograman.

    • Seri review ini ditujukan mengingat kembali prinsip, konsep, dan teknik dalam membuat program Java(TM). Video ini menjelaskan cara dan topik pemrograman yang diangkap dalam seri review.

    • Seri review ini ditujukan mengingat kembali prinsip, konsep, dan teknik dalam membuat program Java(TM). Target desain pada video ini adalah membuat sebuah program yang akan mencetak “Hai, kamu! Ya, kamu!” ketika dijalankan.

    • Seri review ini ditujukan mengingat kembali prinsip, konsep, dan teknik dalam membuat program Java(TM). Target desain pada video ini adalah memodifikasi kode yang sudah dibuat, sehingga program akan mencetak “Hai, nama saya [argumen-0].”, dengan [argumen-0] adalah argumen pertama yang diberikan pengguna sebagai parameter eksekusi.

    • Seri review ini ditujukan mengingat kembali prinsip, konsep, dan teknik dalam membuat program Java(TM). Target desain pada video ini adalah memodifikasi kode yang sudah dibuat, sehingga program akan meminta pengguna memasukkan sembarang tahun antara 2000 sampai dengan 2021 inklusif. Prompt yang akan digunakan adalah “Masukkan tahun dalam jangkauan [2000, 2021]: ”. Setelah pengguna memasukkan tahun, maka program akan mencetak “Tahun yang diberikan adalah [tahun].”

    • Seri review ini ditujukan mengingat kembali prinsip, konsep, dan teknik dalam membuat program Java(TM). Target desain pada video ini adalah memodifikasi kode yang sudah dibuat, sehingga program akan memeriksa tahun yang diberikan pengguna, jika di luar [2000, 2021], maka program akan mencetak “Tahun di luar batasan yang diberikan.”

    • Seri review ini ditujukan mengingat kembali prinsip, konsep, dan teknik dalam membuat program Java(TM). Target desain pada video ini adalah memodifikasi kode yang sudah dibuat, sehingga program meminta pengguna memasukkan sembarang tahun, selama tahun yang diberikan di luar batas [2000, 2021].

    • Seri review ini ditujukan mengingat kembali prinsip, konsep, dan teknik dalam membuat program Java(TM). Target desain pada video ini adalah memodifikasi kode yang sudah dibuat, sehingga program akan mencetak cara membaca digit terakhir dari tahun yang diberikan. Contohnya, jika tahun yang dimasukkan adalah 2021, maka program akan mencetak “Digit terakhir dari 2021 adalah satu.”

    • Seri review ini ditujukan mengingat kembali prinsip, konsep, dan teknik dalam membuat program Java(TM). Target desain pada video ini adalah memodifikasi mekanisme untuk melafalkan digit menjadi sebuah metode non-void dengan nama lafalkan(int).

    • Seri review ini ditujukan mengingat kembali prinsip, konsep, dan teknik dalam membuat program Java(TM). Target desain pada video ini adalah memodifikasi kode yang sudah dibuat, sehingga alih-alih hanya melafalkan digit terakhir, program akan melafalkan tahun yang diberikan pengguna. Contohnya, jika tahun yang diberikan pengguna adalah 2021, maka program akan mengeluarkan “Cara membaca tahunnya adalah dua kosong dua satu ”.

    • Seri review ini ditujukan mengingat kembali prinsip, konsep, dan teknik dalam membuat program Java(TM). Target desain pada video ini adalah memodifikasi mekanisme untuk membaca masukkan pengguna menjadi sebuah metode non-void bernama tanyaTahun().

    • Seri review ini ditujukan mengingat kembali prinsip, konsep, dan teknik dalam membuat program Java(TM). Target desain pada video ini adalah memodifikasi mekanisme untuk melafalkan tahun menjadi sebuah metode void dengan nama bacaTahun(int).

    •    

      Latihan Teori

      Latihan Teori merupakan kegiatan belajar mandiri berbasis masalah (problem-based learning) yang disediakan untuk membantumu memonitor pemahaman teoritis dan mencatat kehadiran belajarnya. Latihan Teori bisa dikerjakan berulang kali selama masih dibuka, dengan 30 menit waktu tunggu antar percobaan. Nilai final yang akan digunakan adalah percobaan Latihan Teori dengan dengan nilai terbaik. Tipe soal yang diberikan dalam kegiatan ini adalah benar/salah, pilihan ganda, mencocokan, dan jawaban pendek.

    • quiz icon
      Kompilasi, Eksekusi, Variabel, dan Tipe Data Kuis

      Yakin sudah paham tentang kompilasi, eksekusi, variabel, dan tipe data pada JavaTM? Yuk, buktikan dengan mengerjakan latihan ini!

    • quiz icon
      Operator Aritmatika, Relasional, dan Boolean Kuis

      Yakin sudah paham tentang operator aritmatika, relasional, dan boolean pada JavaTM? Yuk, buktikan dengan mengerjakan latihan ini!

    • quiz icon
      Struktur Array dan Percabangan Kuis

      Yakin sudah paham tentang struktur Array dan percabangan pada JavaTM? Yuk, buktikan dengan mengerjakan latihan ini!

    • quiz icon
      Struktur Pengulangan Kuis

      Yakin sudah paham tentang struktur pengulangan pada JavaTM? Yuk, buktikan dengan mengerjakan latihan ini!

    • quiz icon
      Struktur Metode Kuis

      Yakin sudah paham tentang struktur metode pada JavaTM? Yuk, buktikan dengan mengerjakan latihan ini!

    •    

      Praktikum

      Praktikum merupakan kegiatan belajar mandiri berbasis masalah (problem-based learning) yang disediakan untuk meningkatkan kemampuan teknis dan mencatat kehadiran belajarmu. Pada kegiatan ini, kamu diminta untuk mendesain beberapa program sesuai dengan spesifikasi yang diberikan. Soal-soal yang diberikan dalam Praktikum didesain secara bertingkat (scaffold) untuk menumbuhkan energi positifmu terkait pemrograman.

      Praktikum bisa dikerjakan berulang kali selama masih dibuka, dengan 30 menit waktu tunggu antar percobaan. Nilai final Praktikummu akan diambil dari solusi dengan nilai terbaik.

    • quiz icon
      Review DDP Kuis

      Memahami dan mempraktikan teori pemrograman merupakan dua hal yang berbeda. Manfaatkan kegiatan praktikum ini untuk meningkatan kemampuan pemrogramanmu!

    • quiz icon
      Review DDP Lanjut Kuis

      Merasa sudah lebih paham tentang teori pemrograman untuk topik ini? Naik level, yuk! Coba kerjakan tantangan-tantangan yang diberikan dalam kegiatan Praktikum Lanjut ini.

    •    

      Pertemuan Sinkronus

      Topik ini akan disampaikan secara sinkronus. Silahkan manfaatkan tautan di bawah untuk bergabung dalam webmeeting perkuliahan.

    • url icon
      Pertemuan Sinkronus via Zoom untuk 9 Februari 2021 URL
      Tidak tersedia kecuali: You are a(n) Learner
    •   

      Refleksi

      Penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang lebih reflektif dalam belajar cenderung akan lebih berhasil secara akademis (Butler & Cartier, 2005; Butler & Winne, 1995; Coutinho, 2007; Lawanto, 2010; Lawanto et al., 2013; Lawanto & Johnson, 2009; Pintrich, 2002; Schoenfeld, 1983) serta lebih baik dalam belajar dan membuat program komputer (Bergin et al., 2005; Falkner et al., 2014; Havenga, 2015; Kumar et al., 2005), jika dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak reflektif.

      Kegiatan ini disiapkan untuk melatih kamu agar terbiasa reflektif dalam belajar, sehingga kamu bisa menggunakan keahlian ini kapan dan di mana saja, sampai tua. Jika kamu tidak mengisi refleksi atau memberikan jawaban tidak berfaedah, kamu akan mendapatkan -5 poin sikap. Kamu bisa menuliskan refleksi tambahan selama waktu pengisian belum ditutup.

    • Kali ini kami mengajak Ahimsa Imananda (2017), Cut Aisyah Yunan (2018), dan Yasin Alfi Yahya (2019) dari Fakultas Teknologi Informasi untuk mengenang pengalaman mereka pertama kali belajar Bahasa Pemrograman (koding). Walaupun mereka merupakan merupakan mahasiswa yang sukses secara akademik (i.e., dianggap dewa koding dan nilai IPK yang nyaris mentok), ternyata mereka baru belajar pemrograman saat kuliah. Yunan dan Yahya bahkan pernah ingin dan merencanakan pindah jurusan, lengkap pengalaman drama mengasihani diri sendiri.

      Setelah mengenang masa belajar pemrograman di mata kuliah Dasar-Dasar Pemrograman, ketiga mahasiswa ini menjelaskan strategi yang mereka gunakan pada masa tersebut. Imananda fokus pada growth mindset, Yunan memaksimalkan regulasi emosi dan semangat berkompetisinya, sedangkan Yahyah memaksimalkan peranan kelompok belajarnya. Mereka kemudian memberikan saran untuk teman-teman yang sedang kesulitan belajar pemrograman.

      Yuk kita dengarkan lebih lengkap!

    • choice icon
      Refleksi Latihan dan Praktikum (Presensi Kegiatan Belajar Teori dan Praktikum untuk Kelas A dan B) Pemilihan

      Setelah menyelesaikan berbagai Latihan dan Praktikum tentang materi DDP, manakah di antara pernyataan berikut yang sesuai dengan kondisimu?

    •    

      Materi Pengayaan

      Materi Utama yang diberikan, fokus pada konsep dan prinsip inti serta cara pemanfaatannya. Ada beberapa isu yang memang sengaja tidak dibahas. Jika kamu ingin mengetahui tentang hal-hal yang sengaja dilewatkan, silahkan kunjungi materi tambahan di bawah ini.

    • Dalam tutorial Java ini, saya membahas:
      Kompilasi, kata kunci, simbol, penyimpanan data, tipe primitif, String, pencetakan teks, objek, kelas, metode, pemanggilan kode antar berkas, impor, logika, if/else, perulangan for, perulangan bersarang, perulangan while, try catch, api, dan beberapa area lainnya.

    • Tutorial ini ditulis untuk pemula, jadi meskipun Anda tidak memiliki pengetahuan sebelumnya tentang JavaTM , Anda tidak akan menghadapi kesulitan untuk memahaminya. Tutorial ini meliputi (1) Pengantar Java; (2) Dasar-dasar Java Virtual Machine(JVM); (3) Program Java Pertama; (4) Variabel dalam Java; (5) Tipe Data Java; (6) Operator Java; (7) If-else dalam Java; (8) Switch-Case dalam Java; (9) Perulangan For Java; (10) Perulangan While Java; (11) Perulangan do-while dalam Java; (12) Pernyataan Continue Java; dan (13) Pernyataan Break Java.

    • Referensi ini akan memandu Anda melalui pendekatan yang sederhana dan praktis saat mempelajari bahasa pemrograman Java TM . Tutorial ini juga mencakup materi yang akan dipelajari dalam kursus pemrograman lainnya.

loader image