Berikan pendapatmu tentang dosen berkualitas di Universitas YARSI melalui https://layar.yarsi.ac.id/course/view.php?id=12871
Setelah mengikuti kuliah ini, kamu akan memahami akan mampu merumuskan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu persoalan (i.e., algoritma) dan mengimplementasikannya dalam suatu bahasa pemrograman tertentu. Bahasa pemrograman JavaTM akan digunakan dalam kuliah ini, namun dengan paradigma pemrograman prosedural, alih-alih berorientasi pada objek. Konsep-konsep pemrograman yang akan dibahas adalah teknik rekursif, berbagai algoritma pengurutan dan kompleksitasnya, dan berbagai macam struktur data.
Disclaimer: Kecuali disebutkan secara spesifik, materi, urutan penyajian, animasi, dan pertanyaan yang ada dalam kuliah ini merupakan karya Andreas Febrian dan sengaja didistribusikan dengan lisensi Creative Common BY-NC-SA 4.0 International (https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/).
Dapatkan informasi terkini terkait kuliah dalam forum ini! Pastikan kamu tetap subscribe forum ini agar mendapatkan notifikasi ketika ada berita baru.
Gunakan forum ini untuk mendiskusikan isu dan tantangan yang kamu temui ketika berinteraksi dengan sumber dan kegiatan belajar. Insya Allah, instruktur, asisten, ataupun para pejuang lainnya akan menjawab pertanyaanmu. Pastikan tidak ada informasi sensitif dalam tulisanmu karena akan dibaca oleh seluruh mahasiswa. Jangan lupa untuk menggunakan bahasa Indonesia dan etika berkomunikasi secara daring.
Kumpulkan bukti kegiatan di luar perkuliahan yang kamu ikuti disini, dengan membuat topik diskusi baru bernama "Kegiatan [Namamu]" (e.g., "Kegiatan Fulan"). Kumpulkan semua bukti kegiatanmu dalam topik tersebut untuk mempermudah monitoring. Agar dapat diakui, kegiatanmu harus terjadi pada semester Genap 2020/2021 , yang dimulai sejak 1 Februari 2021. Pengumpulan bukti kegiatan akan ditutup pada 30 Mei 2021 pukul 23:59 WIB (i.e., satu hari sebelum minggu UAS).
Kamu merasa punya ide atau komentar yang dapat meningkatkan kualitas kuliah ini? Langsung saja disampaikan disini! Semua kritik dan saran akan tercatat secara anonim, jadi tidak akan mempengaruhi nilai kamu.
Seri review ini ditujukan mengingat kembali prinsip, konsep, dan teknik dalam membuat program Java(TM). Video ini menjelaskan cara dan topik pemrograman yang diangkap dalam seri review.
Seri review ini ditujukan mengingat kembali prinsip, konsep, dan teknik dalam membuat program Java(TM). Target desain pada video ini adalah membuat sebuah program yang akan mencetak “Hai, kamu! Ya, kamu!” ketika dijalankan.
Seri review ini ditujukan mengingat kembali prinsip, konsep, dan teknik dalam membuat program Java(TM). Target desain pada video ini adalah memodifikasi kode yang sudah dibuat, sehingga program akan mencetak “Hai, nama saya [argumen-0].”, dengan [argumen-0] adalah argumen pertama yang diberikan pengguna sebagai parameter eksekusi.
Seri review ini ditujukan mengingat kembali prinsip, konsep, dan teknik dalam membuat program Java(TM). Target desain pada video ini adalah memodifikasi kode yang sudah dibuat, sehingga program akan meminta pengguna memasukkan sembarang tahun antara 2000 sampai dengan 2021 inklusif. Prompt yang akan digunakan adalah “Masukkan tahun dalam jangkauan [2000, 2021]: ”. Setelah pengguna memasukkan tahun, maka program akan mencetak “Tahun yang diberikan adalah [tahun].”
Seri review ini ditujukan mengingat kembali prinsip, konsep, dan teknik dalam membuat program Java(TM). Target desain pada video ini adalah memodifikasi kode yang sudah dibuat, sehingga program akan memeriksa tahun yang diberikan pengguna, jika di luar [2000, 2021], maka program akan mencetak “Tahun di luar batasan yang diberikan.”
Seri review ini ditujukan mengingat kembali prinsip, konsep, dan teknik dalam membuat program Java(TM). Target desain pada video ini adalah memodifikasi kode yang sudah dibuat, sehingga program meminta pengguna memasukkan sembarang tahun, selama tahun yang diberikan di luar batas [2000, 2021].
Seri review ini ditujukan mengingat kembali prinsip, konsep, dan teknik dalam membuat program Java(TM). Target desain pada video ini adalah memodifikasi kode yang sudah dibuat, sehingga program akan mencetak cara membaca digit terakhir dari tahun yang diberikan. Contohnya, jika tahun yang dimasukkan adalah 2021, maka program akan mencetak “Digit terakhir dari 2021 adalah satu.”
Seri review ini ditujukan mengingat kembali prinsip, konsep, dan teknik dalam membuat program Java(TM). Target desain pada video ini adalah memodifikasi mekanisme untuk melafalkan digit menjadi sebuah metode non-void dengan nama lafalkan(int).
Seri review ini ditujukan mengingat kembali prinsip, konsep, dan teknik dalam membuat program Java(TM). Target desain pada video ini adalah memodifikasi kode yang sudah dibuat, sehingga alih-alih hanya melafalkan digit terakhir, program akan melafalkan tahun yang diberikan pengguna. Contohnya, jika tahun yang diberikan pengguna adalah 2021, maka program akan mengeluarkan “Cara membaca tahunnya adalah dua kosong dua satu ”.
Seri review ini ditujukan mengingat kembali prinsip, konsep, dan teknik dalam membuat program Java(TM). Target desain pada video ini adalah memodifikasi mekanisme untuk membaca masukkan pengguna menjadi sebuah metode non-void bernama tanyaTahun().
Seri review ini ditujukan mengingat kembali prinsip, konsep, dan teknik dalam membuat program Java(TM). Target desain pada video ini adalah memodifikasi mekanisme untuk melafalkan tahun menjadi sebuah metode void dengan nama bacaTahun(int).
Yakin sudah paham tentang kompilasi, eksekusi, variabel, dan tipe data pada JavaTM? Yuk, buktikan dengan mengerjakan latihan ini!
Yakin sudah paham tentang operator aritmatika, relasional, dan boolean pada JavaTM? Yuk, buktikan dengan mengerjakan latihan ini!
Yakin sudah paham tentang struktur Array dan percabangan pada JavaTM? Yuk, buktikan dengan mengerjakan latihan ini!
Yakin sudah paham tentang struktur pengulangan pada JavaTM? Yuk, buktikan dengan mengerjakan latihan ini!
Yakin sudah paham tentang struktur metode pada JavaTM? Yuk, buktikan dengan mengerjakan latihan ini!
Memahami dan mempraktikan teori pemrograman merupakan dua hal yang berbeda. Manfaatkan kegiatan praktikum ini untuk meningkatan kemampuan pemrogramanmu!
Merasa sudah lebih paham tentang teori pemrograman untuk topik ini? Naik level, yuk! Coba kerjakan tantangan-tantangan yang diberikan dalam kegiatan Praktikum Lanjut ini.
Kali ini kami mengajak Ahimsa Imananda (2017), Cut Aisyah Yunan (2018), dan Yasin Alfi Yahya (2019) dari Fakultas Teknologi Informasi untuk mengenang pengalaman mereka pertama kali belajar Bahasa Pemrograman (koding). Walaupun mereka merupakan merupakan mahasiswa yang sukses secara akademik (i.e., dianggap dewa koding dan nilai IPK yang nyaris mentok), ternyata mereka baru belajar pemrograman saat kuliah. Yunan dan Yahya bahkan pernah ingin dan merencanakan pindah jurusan, lengkap pengalaman drama mengasihani diri sendiri.
Setelah mengenang masa belajar pemrograman di mata kuliah Dasar-Dasar Pemrograman, ketiga mahasiswa ini menjelaskan strategi yang mereka gunakan pada masa tersebut. Imananda fokus pada growth mindset, Yunan memaksimalkan regulasi emosi dan semangat berkompetisinya, sedangkan Yahyah memaksimalkan peranan kelompok belajarnya. Mereka kemudian memberikan saran untuk teman-teman yang sedang kesulitan belajar pemrograman.
Yuk kita dengarkan lebih lengkap!
Setelah menyelesaikan berbagai Latihan dan Praktikum tentang materi DDP, manakah di antara pernyataan berikut yang sesuai dengan kondisimu?
Dalam tutorial Java ini, saya membahas:
Kompilasi, kata kunci, simbol, penyimpanan data, tipe primitif, String, pencetakan teks, objek, kelas, metode, pemanggilan kode antar berkas, impor, logika, if/else, perulangan for, perulangan bersarang, perulangan while, try catch, api, dan beberapa area lainnya.
Tutorial ini ditulis untuk pemula, jadi meskipun Anda tidak memiliki pengetahuan sebelumnya tentang JavaTM , Anda tidak akan menghadapi kesulitan untuk memahaminya. Tutorial ini meliputi (1) Pengantar Java; (2) Dasar-dasar Java Virtual Machine(JVM); (3) Program Java Pertama; (4) Variabel dalam Java; (5) Tipe Data Java; (6) Operator Java; (7) If-else dalam Java; (8) Switch-Case dalam Java; (9) Perulangan For Java; (10) Perulangan While Java; (11) Perulangan do-while dalam Java; (12) Pernyataan Continue Java; dan (13) Pernyataan Break Java.
Referensi ini akan memandu Anda melalui pendekatan yang sederhana dan praktis saat mempelajari bahasa pemrograman Java TM . Tutorial ini juga mencakup materi yang akan dipelajari dalam kursus pemrograman lainnya.