Berikan pendapatmu tentang dosen berkualitas di Universitas YARSI melalui https://layar.yarsi.ac.id/course/view.php?id=12871
Setelah mengikuti kuliah ini, kamu akan memahami akan mampu merumuskan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu persoalan (i.e., algoritma) dan mengimplementasikannya dalam suatu bahasa pemrograman tertentu. Bahasa pemrograman JavaTM akan digunakan dalam kuliah ini, namun dengan paradigma pemrograman prosedural, alih-alih berorientasi pada objek. Konsep-konsep pemrograman yang akan dibahas adalah teknik rekursif, berbagai algoritma pengurutan dan kompleksitasnya, dan berbagai macam struktur data.
Disclaimer: Kecuali disebutkan secara spesifik, materi, urutan penyajian, animasi, dan pertanyaan yang ada dalam kuliah ini merupakan karya Andreas Febrian dan sengaja didistribusikan dengan lisensi Creative Common BY-NC-SA 4.0 International (https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/).
Dapatkan informasi terkini terkait kuliah dalam forum ini! Pastikan kamu tetap subscribe forum ini agar mendapatkan notifikasi ketika ada berita baru.
Gunakan forum ini untuk mendiskusikan isu dan tantangan yang kamu temui ketika berinteraksi dengan sumber dan kegiatan belajar. Insya Allah, instruktur, asisten, ataupun para pejuang lainnya akan menjawab pertanyaanmu. Pastikan tidak ada informasi sensitif dalam tulisanmu karena akan dibaca oleh seluruh mahasiswa. Jangan lupa untuk menggunakan bahasa Indonesia dan etika berkomunikasi secara daring.
Kumpulkan bukti kegiatan di luar perkuliahan yang kamu ikuti disini, dengan membuat topik diskusi baru bernama "Kegiatan [Namamu]" (e.g., "Kegiatan Fulan"). Kumpulkan semua bukti kegiatanmu dalam topik tersebut untuk mempermudah monitoring. Agar dapat diakui, kegiatanmu harus terjadi pada semester Genap 2020/2021 , yang dimulai sejak 1 Februari 2021. Pengumpulan bukti kegiatan akan ditutup pada 30 Mei 2021 pukul 23:59 WIB (i.e., satu hari sebelum minggu UAS).
Kamu merasa punya ide atau komentar yang dapat meningkatkan kualitas kuliah ini? Langsung saja disampaikan disini! Semua kritik dan saran akan tercatat secara anonim, jadi tidak akan mempengaruhi nilai kamu.
Kali ini, kamu akan diajak untuk berkenalan dengan ?
Berisi kerangka kerja koleksi, beberapa kelas pendukung internasionalisasi, pemuat layanan, properti, pembuatan angka acak, kelas penguraian dan pemindaian string, pengodean dan dekode base64, array bit, dan beberapa kelas utilitas lain-lain. Paket ini juga berisi kelas koleksi lama dan kelas tanggal dan waktu lama.
Objek yang memetakan kunci ke nilai. Peta tidak boleh berisi kunci duplikat; setiap kunci dapat dipetakan ke paling banyak satu nilai. Antarmuka Peta menyediakan tiga tampilan koleksi, yang memungkinkan konten peta dilihat sebagai sekumpulan kunci, kumpulan nilai, atau sekumpulan pemetaan kunci-nilai. Urutan peta didefinisikan sebagai urutan iterator pada tampilan koleksi peta mengembalikan elemennya. Beberapa implementasi peta, seperti kelas TreeMap, memberikan jaminan khusus mengenai urutannya; yang lain, seperti kelas HashMap, tidak.
Entri peta (pasangan kunci-nilai). Metode Map.entrySet mengembalikan tampilan koleksi peta, yang elemennya termasuk dalam kelas ini. Satu-satunya cara untuk mendapatkan referensi ke entri peta adalah dari iterator tampilan koleksi ini. Objek Map.Entry ini hanya berlaku selama iterasi; secara lebih formal, perilaku entri peta tidak ditentukan jika peta pendukung telah dimodifikasi setelah entri dikembalikan oleh iterator, kecuali melalui operasi setValue pada entri peta.
Implementasi berbasis tabel hash dari antarmuka Map. Implementasi ini menyediakan semua operasi map opsional, dan mengizinkan nilai null dan kunci null. (Kelas HashMap secara kasar setara dengan Hashtable, kecuali tidak sinkron dan mengizinkan null.) Kelas ini tidak memberikan jaminan mengenai urutan map; khususnya, tidak menjamin bahwa urutan akan tetap konstan dari waktu ke waktu.
Implementasi ini menyediakan kinerja waktu konstan untuk operasi dasar (get dan put), dengan asumsi fungsi hash menyebarkan elemen dengan tepat di antara bucket. Iterasi atas tampilan koleksi memerlukan waktu yang proporsional dengan "kapasitas" instans HashMap (jumlah bucket) ditambah ukurannya (jumlah pemetaan kunci-nilai). Jadi, sangat penting untuk tidak menetapkan kapasitas awal terlalu tinggi (atau faktor beban terlalu rendah) jika kinerja iterasi penting.
Halaman ini berisi tutorial terperinci tentang berbagai struktur data (DS) dengan masalah berdasarkan topik
Hashing adalah teknik atau proses pemetaan kunci dan nilai ke dalam tabel hash dengan menggunakan fungsi hash. Hal ini dilakukan untuk mempercepat akses ke elemen. Efisiensi pemetaan bergantung pada efisiensi fungsi hash yang digunakan.