Lewati ke konten utama
Beranda

Ringkasan topik

  • Setelah mengikuti kuliah ini, kamu akan memahami akan mampu merumuskan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu persoalan (i.e., algoritma) dan mengimplementasikannya dalam suatu bahasa pemrograman tertentu. Bahasa pemrograman JavaTM akan digunakan dalam kuliah ini, namun dengan paradigma pemrograman prosedural, alih-alih berorientasi pada objek. Konsep-konsep pemrograman yang akan dibahas adalah teknik rekursif, berbagai algoritma pengurutan dan kompleksitasnya, dan berbagai macam struktur data.

    Disclaimer: Kecuali disebutkan secara spesifik, materi, urutan penyajian, animasi, dan pertanyaan yang ada dalam kuliah ini merupakan karya Andreas Febrian dan sengaja didistribusikan dengan lisensi Creative Common BY-NC-SA 4.0 International (https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/).

    • forum icon
      Pengumuman Forum

      Dapatkan informasi terkini terkait kuliah dalam forum ini! Pastikan kamu tetap subscribe forum ini agar mendapatkan notifikasi ketika ada berita baru.

      Tidak tersedia kecuali: You are a(n) Learner
    • forum icon
      Diskusi Forum

      Gunakan forum ini untuk mendiskusikan isu dan tantangan yang kamu temui ketika berinteraksi dengan sumber dan kegiatan belajar. Insya Allah, instruktur, asisten, ataupun para pejuang lainnya akan menjawab pertanyaanmu. Pastikan tidak ada informasi sensitif dalam tulisanmu karena akan dibaca oleh seluruh mahasiswa. Jangan lupa untuk menggunakan bahasa Indonesia dan etika berkomunikasi secara daring.

    • forum icon
      Pengumpulan Bukti Kegiatan di Luar Perkuliahan Forum

      Kumpulkan bukti kegiatan di luar perkuliahan yang kamu ikuti disini, dengan membuat topik diskusi baru bernama "Kegiatan [Namamu]" (e.g., "Kegiatan Fulan"). Kumpulkan semua bukti kegiatanmu dalam topik tersebut untuk mempermudah monitoring. Agar dapat diakui, kegiatanmu harus terjadi pada semester Genap 2020/2021 , yang dimulai sejak 1 Februari 2021. Pengumpulan bukti kegiatan akan ditutup pada 30 Mei 2021 pukul 23:59 WIB (i.e., satu hari sebelum minggu UAS).

    • Materi Utama

      Materi berikut menjelaskan konsep dan prinsip yang kamu butuhkan untuk menguasai target kompetensi pada Topik ini. Agar lebih optimal, materi yang diberikan harus dimanfaatkan bersama-sama kegiatan Latihan Teori, Praktikum, dan Refleksi.

    • Kali ini, kamu akan diajak untuk berkenalan dengan ?

    •    

      JavaTM API

      JavaTM API (Application Programming Interface) adalah sekumpulan kelas-kelas yang tersedia dalam JDK, yang ditulis dalam bahasa JavaTM dan dijalankan melalui JVM. Bagian ini memberikan dokumentasi yang dibutuhkan untuk menggunakan sebagian dari kelas-kelas tersebut.

    • Contains the collections framework, some internationalization support classes, a service loader, properties, random number generation, string parsing and scanning classes, base64 encoding and decoding, a bit array, and several miscellaneous utility classes. This package also contains legacy collection classes and legacy date and time classes.

    • An object that maps keys to values. A map cannot contain duplicate keys; each key can map to at most one value. The Map interface provides three collection views, which allow a map's contents to be viewed as a set of keys, collection of values, or set of key-value mappings. The order of a map is defined as the order in which the iterators on the map's collection views return their elements. Some map implementations, like the TreeMap class, make specific guarantees as to their order; others, like the HashMap class, do not.

    • A map entry (key-value pair). The Map.entrySet method returns a collection-view of the map, whose elements are of this class. The only way to obtain a reference to a map entry is from the iterator of this collection-view. These Map.Entry objects are valid only for the duration of the iteration; more formally, the behavior of a map entry is undefined if the backing map has been modified after the entry was returned by the iterator, except through the setValue operation on the map entry.

    • Hash table based implementation of the Map interface. This implementation provides all of the optional map operations, and permits null values and the null key. (The HashMap class is roughly equivalent to Hashtable, except that it is unsynchronized and permits nulls.) This class makes no guarantees as to the order of the map; in particular, it does not guarantee that the order will remain constant over time.

      This implementation provides constant-time performance for the basic operations (get and put), assuming the hash function disperses the elements properly among the buckets. Iteration over collection views requires time proportional to the "capacity" of the HashMap instance (the number of buckets) plus its size (the number of key-value mappings). Thus, it's very important not to set the initial capacity too high (or the load factor too low) if iteration performance is important.

    •    

      Latihan Teori

      Latihan Teori merupakan kegiatan belajar mandiri berbasis masalah (problem-based learning) yang disediakan untuk membantumu memonitor pemahaman teoritis dan mencatat kehadiran belajarnya. Latihan Teori bisa dikerjakan berulang kali selama masih dibuka, dengan 30 menit waktu tunggu antar percobaan. Nilai final yang akan digunakan adalah percobaan Latihan Teori dengan dengan nilai terbaik. Tipe soal yang diberikan dalam kegiatan ini adalah benar/salah, pilihan ganda, mencocokan, dan jawaban pendek.

    •    

      Praktikum

      Praktikum merupakan kegiatan belajar mandiri berbasis masalah (problem-based learning) yang disediakan untuk meningkatkan kemampuan teknis dan mencatat kehadiran belajarmu. Pada kegiatan ini, kamu diminta untuk mendesain beberapa program sesuai dengan spesifikasi yang diberikan. Soal-soal yang diberikan dalam Praktikum didesain secara bertingkat (scaffold) untuk menumbuhkan energi positifmu terkait pemrograman.

      Praktikum bisa dikerjakan berulang kali selama masih dibuka, dengan 30 menit waktu tunggu antar percobaan. Nilai final Praktikummu akan diambil dari solusi dengan nilai terbaik.

    •    

      Pertemuan Sinkronus

      Pertemuan sinkronus hanya akan diadakan jika ada isu, kendala, atau tantangan belajar yang perlu dibahas atau didiskusikan. Silahkan tulis isu, kendala, atau tantangan belajar yang kamu hadapi, baik terkait Topik yang sedang atau sudah dibahas, pada aktivitas "saya ingin lebih tahu tentang...". Tautan ke webmeeting perkuliahan hanya akan dibuka untuk kelas yang memerlukan pertemuan sinkronus.

    •    

      Refleksi

      Penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang lebih reflektif dalam belajar cenderung akan lebih berhasil secara akademis (Butler & Cartier, 2005; Butler & Winne, 1995; Coutinho, 2007; Lawanto, 2010; Lawanto et al., 2013; Lawanto & Johnson, 2009; Pintrich, 2002; Schoenfeld, 1983) serta lebih baik dalam belajar dan membuat program komputer (Bergin et al., 2005; Falkner et al., 2014; Havenga, 2015; Kumar et al., 2005), jika dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak reflektif.

      Kegiatan ini disiapkan untuk melatih kamu agar terbiasa reflektif dalam belajar, sehingga kamu bisa menggunakan keahlian ini kapan dan di mana saja, sampai tua. Jika kamu tidak mengisi refleksi atau memberikan jawaban tidak berfaedah, kamu akan mendapatkan -5 poin sikap. Kamu bisa menuliskan refleksi tambahan selama waktu pengisian belum ditutup.

    •    

      Materi Pengayaan

      Materi Utama yang diberikan, fokus pada konsep dan prinsip inti serta cara pemanfaatannya. Ada beberapa isu yang memang sengaja tidak dibahas. Jika kamu ingin mengetahui tentang hal-hal yang sengaja dilewatkan, silahkan kunjungi materi tambahan di bawah ini.

    • This page contains detailed tutorials on different data structures (DS) with topic-wise problems

    • Hashing is a technique or process of mapping keys, values into the hash table by using a hash function. It is done for faster access to elements. The efficiency of mapping depends on the efficiency of the hash function used.

loader image