Lewati ke konten utama
Beranda

Ringkasan topik

  • Setelah mengikuti kuliah ini, kamu akan memahami akan mampu merumuskan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu persoalan (i.e., algoritma) dan mengimplementasikannya dalam suatu bahasa pemrograman tertentu. Bahasa pemrograman JavaTM akan digunakan dalam kuliah ini, namun dengan paradigma pemrograman prosedural, alih-alih berorientasi pada objek. Konsep-konsep pemrograman yang akan dibahas adalah teknik rekursif, berbagai algoritma pengurutan dan kompleksitasnya, dan berbagai macam struktur data.

    Disclaimer: Kecuali disebutkan secara spesifik, materi, urutan penyajian, animasi, dan pertanyaan yang ada dalam kuliah ini merupakan karya Andreas Febrian dan sengaja didistribusikan dengan lisensi Creative Common BY-NC-SA 4.0 International (https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/).

    • forum icon
      Pengumuman Forum

      Dapatkan informasi terkini terkait kuliah dalam forum ini! Pastikan kamu tetap subscribe forum ini agar mendapatkan notifikasi ketika ada berita baru.

      Tidak tersedia kecuali: You are a(n) Learner
    • forum icon
      Diskusi Forum

      Gunakan forum ini untuk mendiskusikan isu dan tantangan yang kamu temui ketika berinteraksi dengan sumber dan kegiatan belajar. Insya Allah, instruktur, asisten, ataupun para pejuang lainnya akan menjawab pertanyaanmu. Pastikan tidak ada informasi sensitif dalam tulisanmu karena akan dibaca oleh seluruh mahasiswa. Jangan lupa untuk menggunakan bahasa Indonesia dan etika berkomunikasi secara daring.

    • forum icon
      Pengumpulan Bukti Kegiatan di Luar Perkuliahan Forum

      Kumpulkan bukti kegiatan di luar perkuliahan yang kamu ikuti disini, dengan membuat topik diskusi baru bernama "Kegiatan [Namamu]" (e.g., "Kegiatan Fulan"). Kumpulkan semua bukti kegiatanmu dalam topik tersebut untuk mempermudah monitoring. Agar dapat diakui, kegiatanmu harus terjadi pada semester Genap 2020/2021 , yang dimulai sejak 1 Februari 2021. Pengumpulan bukti kegiatan akan ditutup pada 30 Mei 2021 pukul 23:59 WIB (i.e., satu hari sebelum minggu UAS).

    • Materi Utama

      Materi berikut menjelaskan konsep dan prinsip yang kamu butuhkan untuk menguasai target kompetensi pada Topik ini. Agar lebih optimal, materi yang diberikan harus dimanfaatkan bersama-sama kegiatan Latihan Teori, Praktikum, dan Refleksi.

    • Kali ini, kamu akan diajak untuk berkenalan dengan ?

    •    

      JavaTM API

      JavaTM API (Application Programming Interface) adalah sekumpulan kelas-kelas yang tersedia dalam JDK, yang ditulis dalam bahasa JavaTM dan dijalankan melalui JVM. Bagian ini memberikan dokumentasi yang dibutuhkan untuk menggunakan sebagian dari kelas-kelas tersebut.

    • Berisi kerangka kerja koleksi, beberapa kelas pendukung internasionalisasi, pemuat layanan, properti, pembuatan angka acak, kelas penguraian dan pemindaian string, pengodean dan dekode base64, array bit, dan beberapa kelas utilitas lain-lain. Paket ini juga berisi kelas koleksi lama dan kelas tanggal dan waktu lama.

    • Objek yang memetakan kunci ke nilai. Peta tidak boleh berisi kunci duplikat; setiap kunci dapat dipetakan ke paling banyak satu nilai. Antarmuka Peta menyediakan tiga tampilan koleksi, yang memungkinkan konten peta dilihat sebagai sekumpulan kunci, kumpulan nilai, atau sekumpulan pemetaan kunci-nilai. Urutan peta didefinisikan sebagai urutan iterator pada tampilan koleksi peta mengembalikan elemennya. Beberapa implementasi peta, seperti kelas TreeMap, memberikan jaminan khusus mengenai urutannya; yang lain, seperti kelas HashMap, tidak.

    • Entri peta (pasangan kunci-nilai). Metode Map.entrySet mengembalikan tampilan koleksi peta, yang elemennya termasuk dalam kelas ini. Satu-satunya cara untuk mendapatkan referensi ke entri peta adalah dari iterator tampilan koleksi ini. Objek Map.Entry ini hanya berlaku selama iterasi; secara lebih formal, perilaku entri peta tidak ditentukan jika peta pendukung telah dimodifikasi setelah entri dikembalikan oleh iterator, kecuali melalui operasi setValue pada entri peta.

    • Implementasi berbasis tabel hash dari antarmuka Map. Implementasi ini menyediakan semua operasi map opsional, dan mengizinkan nilai null dan kunci null. (Kelas HashMap secara kasar setara dengan Hashtable, kecuali tidak sinkron dan mengizinkan null.) Kelas ini tidak memberikan jaminan mengenai urutan map; khususnya, tidak menjamin bahwa urutan akan tetap konstan dari waktu ke waktu.

      Implementasi ini menyediakan kinerja waktu konstan untuk operasi dasar (get dan put), dengan asumsi fungsi hash menyebarkan elemen dengan tepat di antara bucket. Iterasi atas tampilan koleksi memerlukan waktu yang proporsional dengan "kapasitas" instans HashMap (jumlah bucket) ditambah ukurannya (jumlah pemetaan kunci-nilai). Jadi, sangat penting untuk tidak menetapkan kapasitas awal terlalu tinggi (atau faktor beban terlalu rendah) jika kinerja iterasi penting.

    •    

      Latihan Teori

      Latihan Teori merupakan kegiatan belajar mandiri berbasis masalah (problem-based learning) yang disediakan untuk membantumu memonitor pemahaman teoritis dan mencatat kehadiran belajarnya. Latihan Teori bisa dikerjakan berulang kali selama masih dibuka, dengan 30 menit waktu tunggu antar percobaan. Nilai final yang akan digunakan adalah percobaan Latihan Teori dengan dengan nilai terbaik. Tipe soal yang diberikan dalam kegiatan ini adalah benar/salah, pilihan ganda, mencocokan, dan jawaban pendek.

    •    

      Praktikum

      Praktikum merupakan kegiatan belajar mandiri berbasis masalah (problem-based learning) yang disediakan untuk meningkatkan kemampuan teknis dan mencatat kehadiran belajarmu. Pada kegiatan ini, kamu diminta untuk mendesain beberapa program sesuai dengan spesifikasi yang diberikan. Soal-soal yang diberikan dalam Praktikum didesain secara bertingkat (scaffold) untuk menumbuhkan energi positifmu terkait pemrograman.

      Praktikum bisa dikerjakan berulang kali selama masih dibuka, dengan 30 menit waktu tunggu antar percobaan. Nilai final Praktikummu akan diambil dari solusi dengan nilai terbaik.

    •    

      Pertemuan Sinkronus

      Pertemuan sinkronus hanya akan diadakan jika ada isu, kendala, atau tantangan belajar yang perlu dibahas atau didiskusikan. Silahkan tulis isu, kendala, atau tantangan belajar yang kamu hadapi, baik terkait Topik yang sedang atau sudah dibahas, pada aktivitas "saya ingin lebih tahu tentang...". Tautan ke webmeeting perkuliahan hanya akan dibuka untuk kelas yang memerlukan pertemuan sinkronus.

    •    

      Refleksi

      Penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang lebih reflektif dalam belajar cenderung akan lebih berhasil secara akademis (Butler & Cartier, 2005; Butler & Winne, 1995; Coutinho, 2007; Lawanto, 2010; Lawanto et al., 2013; Lawanto & Johnson, 2009; Pintrich, 2002; Schoenfeld, 1983) serta lebih baik dalam belajar dan membuat program komputer (Bergin et al., 2005; Falkner et al., 2014; Havenga, 2015; Kumar et al., 2005), jika dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak reflektif.

      Kegiatan ini disiapkan untuk melatih kamu agar terbiasa reflektif dalam belajar, sehingga kamu bisa menggunakan keahlian ini kapan dan di mana saja, sampai tua. Jika kamu tidak mengisi refleksi atau memberikan jawaban tidak berfaedah, kamu akan mendapatkan -5 poin sikap. Kamu bisa menuliskan refleksi tambahan selama waktu pengisian belum ditutup.

    •    

      Materi Pengayaan

      Materi Utama yang diberikan, fokus pada konsep dan prinsip inti serta cara pemanfaatannya. Ada beberapa isu yang memang sengaja tidak dibahas. Jika kamu ingin mengetahui tentang hal-hal yang sengaja dilewatkan, silahkan kunjungi materi tambahan di bawah ini.

    • Halaman ini berisi tutorial terperinci tentang berbagai struktur data (DS) dengan masalah berdasarkan topik

    • Hashing adalah teknik atau proses pemetaan kunci dan nilai ke dalam tabel hash dengan menggunakan fungsi hash. Hal ini dilakukan untuk mempercepat akses ke elemen. Efisiensi pemetaan bergantung pada efisiensi fungsi hash yang digunakan.

loader image