Skip to main content
Home

Topic outline

  • After taking this course, you will understand how to formulate steps to solve a problem (ie, algorithm) and implement it in a particular programming language. The Java TM programming language will be used in this course, but with a procedural programming paradigm, instead of object-oriented. The programming concepts that will be discussed are recursive techniques, various sorting algorithms and their complexities, and various data structures.

    Disclaimer: Unless otherwise stated, the materials, presentation sequence, animations, and questions in this lecture are the work of Andreas Febrian and are intentionally distributed under the Creative Common BY-NC-SA 4.0 International license ( https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/ ).

    • forum icon
      Pengumuman Forum

      Get the latest information regarding college in this forum! Make sure you keep subscribing to this forum to get notifications when there is new news.

      Not available unless: You are a(n) Learner
    • forum icon
      Diskusi Forum

      Use this forum to discuss issues and challenges you encounter when interacting with learning resources and activities. God willing, instructors, assistants, or other fighters will answer your questions. Make sure there is no sensitive information in your writing because it will be read by all students. Don't forget to use Indonesian and online communication ethics.

    • forum icon
      Pengumpulan Bukti Kegiatan di Luar Perkuliahan Forum

      Collect evidence of extracurricular activities that you participate in here, by creating a new discussion topic called "[Your Name]'s Activities" (eg, "Fulan's Activities"). Collect all evidence of your activities in the topic to make monitoring easier. In order to be recognized, your activities must have occurred in the 2020/2021 Even Semester, which starts on February 1, 2021. The collection of evidence of activities will be closed on May 30, 2021 at 23:59 WIB (ie, one day before the final exam week).

    • Materi Utama

      Silahkan manfaatkan video-videe berikut untuk membantu kamu mengingat berbagai konsep, prinsip, dan teknik dasar pemrograman Java TM. Jika masih kurang mencukupi, silahkan lihat materi yang diberikan pada mata kuilah Dasar-Dasar Pemrograman.

    • Seri review ini ditujukan mengingat kembali prinsip, konsep, dan teknik dalam membuat program Java(TM). Video ini menjelaskan cara dan topik pemrograman yang diangkap dalam seri review.

    • Seri review ini ditujukan mengingat kembali prinsip, konsep, dan teknik dalam membuat program Java(TM). Target desain pada video ini adalah membuat sebuah program yang akan mencetak “Hai, kamu! Ya, kamu!” ketika dijalankan.

    • Seri review ini ditujukan mengingat kembali prinsip, konsep, dan teknik dalam membuat program Java(TM). Target desain pada video ini adalah memodifikasi kode yang sudah dibuat, sehingga program akan mencetak “Hai, nama saya [argumen-0].”, dengan [argumen-0] adalah argumen pertama yang diberikan pengguna sebagai parameter eksekusi.

    • Seri review ini ditujukan mengingat kembali prinsip, konsep, dan teknik dalam membuat program Java(TM). Target desain pada video ini adalah memodifikasi kode yang sudah dibuat, sehingga program akan meminta pengguna memasukkan sembarang tahun antara 2000 sampai dengan 2021 inklusif. Prompt yang akan digunakan adalah “Masukkan tahun dalam jangkauan [2000, 2021]: ”. Setelah pengguna memasukkan tahun, maka program akan mencetak “Tahun yang diberikan adalah [tahun].”

    • Seri review ini ditujukan mengingat kembali prinsip, konsep, dan teknik dalam membuat program Java(TM). Target desain pada video ini adalah memodifikasi kode yang sudah dibuat, sehingga program akan memeriksa tahun yang diberikan pengguna, jika di luar [2000, 2021], maka program akan mencetak “Tahun di luar batasan yang diberikan.”

    • Seri review ini ditujukan mengingat kembali prinsip, konsep, dan teknik dalam membuat program Java(TM). Target desain pada video ini adalah memodifikasi kode yang sudah dibuat, sehingga program meminta pengguna memasukkan sembarang tahun, selama tahun yang diberikan di luar batas [2000, 2021].

    • Seri review ini ditujukan mengingat kembali prinsip, konsep, dan teknik dalam membuat program Java(TM). Target desain pada video ini adalah memodifikasi kode yang sudah dibuat, sehingga program akan mencetak cara membaca digit terakhir dari tahun yang diberikan. Contohnya, jika tahun yang dimasukkan adalah 2021, maka program akan mencetak “Digit terakhir dari 2021 adalah satu.”

    • Seri review ini ditujukan mengingat kembali prinsip, konsep, dan teknik dalam membuat program Java(TM). Target desain pada video ini adalah memodifikasi mekanisme untuk melafalkan digit menjadi sebuah metode non-void dengan nama lafalkan(int).

    • Seri review ini ditujukan mengingat kembali prinsip, konsep, dan teknik dalam membuat program Java(TM). Target desain pada video ini adalah memodifikasi kode yang sudah dibuat, sehingga alih-alih hanya melafalkan digit terakhir, program akan melafalkan tahun yang diberikan pengguna. Contohnya, jika tahun yang diberikan pengguna adalah 2021, maka program akan mengeluarkan “Cara membaca tahunnya adalah dua kosong dua satu ”.

    • Seri review ini ditujukan mengingat kembali prinsip, konsep, dan teknik dalam membuat program Java(TM). Target desain pada video ini adalah memodifikasi mekanisme untuk membaca masukkan pengguna menjadi sebuah metode non-void bernama tanyaTahun().

    • Seri review ini ditujukan mengingat kembali prinsip, konsep, dan teknik dalam membuat program Java(TM). Target desain pada video ini adalah memodifikasi mekanisme untuk melafalkan tahun menjadi sebuah metode void dengan nama bacaTahun(int).

    • Theory Training

      Theory Exercise is a problem - based independent learning activity provided to help you monitor theoretical understanding and record learning attendance. Theory Exercise can be done repeatedly as long as it is still open, with a 30-minute waiting time between attempts. The final score that will be used is the Theory Exercise attempt with the best score. The types of questions given in this activity are true/false, multiple choice, matching, and short answer.

    • quiz icon
      Kompilasi, Eksekusi, Variabel, dan Tipe Data Quiz

      Yakin sudah paham tentang kompilasi, eksekusi, variabel, dan tipe data pada JavaTM? Yuk, buktikan dengan mengerjakan latihan ini!

    • quiz icon
      Operator Aritmatika, Relasional, dan Boolean Quiz

      Yakin sudah paham tentang operator aritmatika, relasional, dan boolean pada JavaTM? Yuk, buktikan dengan mengerjakan latihan ini!

    • quiz icon
      Struktur Array dan Percabangan Quiz

      Yakin sudah paham tentang struktur Array dan percabangan pada JavaTM? Yuk, buktikan dengan mengerjakan latihan ini!

    • quiz icon
      Struktur Pengulangan Quiz

      Yakin sudah paham tentang struktur pengulangan pada JavaTM? Yuk, buktikan dengan mengerjakan latihan ini!

    • quiz icon
      Struktur Metode Quiz

      Yakin sudah paham tentang struktur metode pada JavaTM? Yuk, buktikan dengan mengerjakan latihan ini!

    • Practicum

      Practicum is a problem-based independent learning activity provided to improve technical skills and record your learning attendance. In this activity, you are asked to design several programs according to the specifications given. The questions given in Practicum are designed in a tiered manner ( scaffold ) to grow your positive energy related to programming.

      The lab can be done repeatedly as long as it is open, with a 30-minute waiting time between attempts. Your final Lab grade will be taken from the solution with the best score.

    • quiz icon
      Review DDP Quiz

      Memahami dan mempraktikan teori pemrograman merupakan dua hal yang berbeda. Manfaatkan kegiatan praktikum ini untuk meningkatan kemampuan pemrogramanmu!

    • quiz icon
      Review DDP Lanjut Quiz

      Merasa sudah lebih paham tentang teori pemrograman untuk topik ini? Naik level, yuk! Coba kerjakan tantangan-tantangan yang diberikan dalam kegiatan Praktikum Lanjut ini.

    •    

      Pertemuan Sinkronus

      Topik ini akan disampaikan secara sinkronus. Silahkan manfaatkan tautan di bawah untuk bergabung dalam webmeeting perkuliahan.

    • url icon
      Pertemuan Sinkronus via Zoom untuk 9 Februari 2021 URL
      Not available unless: You are a(n) Learner
    •   

      Refleksi

      Penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang lebih reflektif dalam belajar cenderung akan lebih berhasil secara akademis (Butler & Cartier, 2005; Butler & Winne, 1995; Coutinho, 2007; Lawanto, 2010; Lawanto et al., 2013; Lawanto & Johnson, 2009; Pintrich, 2002; Schoenfeld, 1983) serta lebih baik dalam belajar dan membuat program komputer (Bergin et al., 2005; Falkner et al., 2014; Havenga, 2015; Kumar et al., 2005), jika dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak reflektif.

      Kegiatan ini disiapkan untuk melatih kamu agar terbiasa reflektif dalam belajar, sehingga kamu bisa menggunakan keahlian ini kapan dan di mana saja, sampai tua. Jika kamu tidak mengisi refleksi atau memberikan jawaban tidak berfaedah, kamu akan mendapatkan -5 poin sikap. Kamu bisa menuliskan refleksi tambahan selama waktu pengisian belum ditutup.

    • Kali ini kami mengajak Ahimsa Imananda (2017), Cut Aisyah Yunan (2018), dan Yasin Alfi Yahya (2019) dari Fakultas Teknologi Informasi untuk mengenang pengalaman mereka pertama kali belajar Bahasa Pemrograman (koding). Walaupun mereka merupakan merupakan mahasiswa yang sukses secara akademik (i.e., dianggap dewa koding dan nilai IPK yang nyaris mentok), ternyata mereka baru belajar pemrograman saat kuliah. Yunan dan Yahya bahkan pernah ingin dan merencanakan pindah jurusan, lengkap pengalaman drama mengasihani diri sendiri.

      Setelah mengenang masa belajar pemrograman di mata kuliah Dasar-Dasar Pemrograman, ketiga mahasiswa ini menjelaskan strategi yang mereka gunakan pada masa tersebut. Imananda fokus pada growth mindset, Yunan memaksimalkan regulasi emosi dan semangat berkompetisinya, sedangkan Yahyah memaksimalkan peranan kelompok belajarnya. Mereka kemudian memberikan saran untuk teman-teman yang sedang kesulitan belajar pemrograman.

      Yuk kita dengarkan lebih lengkap!

    • choice icon
      Refleksi Latihan dan Praktikum (Presensi Kegiatan Belajar Teori dan Praktikum untuk Kelas A dan B) Choice

      Setelah menyelesaikan berbagai Latihan dan Praktikum tentang materi DDP, manakah di antara pernyataan berikut yang sesuai dengan kondisimu?

    • Enrichment Material

      The main material provided focuses on core concepts and principles and how to utilize them. There are some issues that are intentionally not discussed. If you want to know about things that are intentionally missed, please visit the additional material below.

    • In this java tutorial, I go over:
      Compiling, keywords, symbols, storing data, primitive types, Strings, printing text, objects, classes, methods, calling code between files, import, logic, if/else, for loops, nested loops, while loops, try catch, apis, and a few other areas.

    • This tutorial is written for beginners, so even if you have no prior knowledge in JavaTM, you won't face any difficulty understanding it. This tutorial includes (1) Introduction to Java; (2) Java Virtual Machine(JVM) Basics; (3) First Java Program; (4) Variables in Java; (5) Java Data Types; (6) Java Operators; (7) If-else in Java; (8) Switch-Case in Java; (9) Java For loop; (10) Java While loop; (11) do-while loop in Java; (12) Java Continue statement; and (13) Java Break statement.

    • This reference will take you through simple and practical approaches while learning JavaTM Programming language. This tutorial also include materials that will be learned in other programming courses.

loader image