Skip to main content
Home

Topic outline

  • Setelah mengikuti kuliah ini, kamu akan memahami akan mampu merumuskan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu persoalan (i.e., algoritma) dan mengimplementasikannya dalam suatu bahasa pemrograman tertentu. Bahasa pemrograman JavaTM akan digunakan dalam kuliah ini, namun dengan paradigma pemrograman prosedural, alih-alih berorientasi pada objek. Konsep-konsep pemrograman yang akan dibahas adalah teknik rekursif, berbagai algoritma pengurutan dan kompleksitasnya, dan berbagai macam struktur data.

    Disclaimer: Kecuali disebutkan secara spesifik, materi, urutan penyajian, animasi, dan pertanyaan yang ada dalam kuliah ini merupakan karya Andreas Febrian dan sengaja didistribusikan dengan lisensi Creative Common BY-NC-SA 4.0 International (https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/).

    • forum icon
      Pengumuman Forum

      Dapatkan informasi terkini terkait kuliah dalam forum ini! Pastikan kamu tetap subscribe forum ini agar mendapatkan notifikasi ketika ada berita baru.

      Not available unless: You are a(n) Learner
    • forum icon
      Diskusi Forum

      Gunakan forum ini untuk mendiskusikan isu dan tantangan yang kamu temui ketika berinteraksi dengan sumber dan kegiatan belajar. Insya Allah, instruktur, asisten, ataupun para pejuang lainnya akan menjawab pertanyaanmu. Pastikan tidak ada informasi sensitif dalam tulisanmu karena akan dibaca oleh seluruh mahasiswa. Jangan lupa untuk menggunakan bahasa Indonesia dan etika berkomunikasi secara daring.

    • forum icon
      Pengumpulan Bukti Kegiatan di Luar Perkuliahan Forum

      Kumpulkan bukti kegiatan di luar perkuliahan yang kamu ikuti disini, dengan membuat topik diskusi baru bernama "Kegiatan [Namamu]" (e.g., "Kegiatan Fulan"). Kumpulkan semua bukti kegiatanmu dalam topik tersebut untuk mempermudah monitoring. Agar dapat diakui, kegiatanmu harus terjadi pada semester Genap 2020/2021 , yang dimulai sejak 1 Februari 2021. Pengumpulan bukti kegiatan akan ditutup pada 30 Mei 2021 pukul 23:59 WIB (i.e., satu hari sebelum minggu UAS).

  • Pada bagian ini, kamu akan menemukan tautan ke berbagai aturan, aplikasi, dan sumber belajar yang digunakan dan dapat mendukung kesuksesanmu dalam mata kuliah ini.

    • Panduan dari Universitas dan Program Studi

      Mata kuliah ini disediakan oleh institusi, oleh karena itu berbagai peraturan dan panduan yang digunakan oleh Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, dan Universitas YARSI, juga akan berlaku dan menjadi acuan dalam mata kuliah ini.

    • Tautan ini akan membawa kamu ke Ruang Komunikasi FTI dalam LAYAR. Di dalamnya terdapat beberapa panduan dari Universitas dan Program Studi yang bermanfaat untuk kegiatan belajar kamu. Terkait kuliah ini, dokumen yang perlu menjadi perhatian utama kamu adalah (a) 002.REK.PER.VII.2018 - Peraturan Akademik; (b) Playlist Video Penggunaan LAYAR; (c) Visi dan Misi Program Studi versi 1.00; (d) Acuan Penilaian Sikap pada Program Studi versi 1.04; dan (e) Etika Pembelajaran Sinkronus secara Daring. Luangkan waktu untuk membaca dokumen-dokumen tersebut, yah!

    •  

      Server Discord

      Asisten mata kuliah akan memanfaatkan Discord dan berbagai fiturnya untuk membantu proses belajarmu. Manfaatkan berbagai sumber yang ada pada bagian ini untuk mengatasi kendala teknis yang kamu hadapi untuk bergabung bersama asisten di Server Discord SDA.

    • Lihat video berikut untuk membantu kamu bisa lebih cepat berkomunikasi dengan asisten.

    • Discord merupakan aplikasi ringan untuk chatting, VOIP (ngobrol), dan berbagi tampilan layar komputer dengan banyak orang dalam satu waktu. Aplikasi ini cukup ringan dan dapat digunakan di komputer, web browser, dan mobile.

    •   

      JavaTM Development Kit (JDK) dan Text Editor

      Mata kuliah ini akan menggunakan bahasa pemrograman JavaTM, khususnya saat praktikum. Pada beberapa praktikum, kamu akan diberikan library tambahan yang dikompilasi dengan JavaTM versi 13.0.1. Manfaatkan sumber berikut agar kamu terbebas dari gangguan teknis ketika mengerjakan praktikum.

    • Pada mata kuliah ini, kamu akan menggunakan bahasa pemrograman JavaTM. Usahakan untuk menginstall JavaTM Development Toolkit di komputer (atau laptop) yang digunakan untuk belajar secepat mungkin. Jika kamu mengalami kesulitan dalam instalasi JavaTM, khususnya untuk set path (agar bisa mengkompilasi via command prompt), silahkan baca panduan instalasi berikut:

    • Merupakan text editor yang bebas digunakan, yang didistribusikan dengan Lisensi GPL 3.0. Program ini ditulis dalam C++ dan memanfaatkan komponen Scintilla, Win32 API, dan SLT. Notepad++ sangat ringan digunakan dan tidak membutuhkan banyak sumber daya (e.g., computing cycle dan memory) sehingga lebih ramah lingkungan. 

    •   

      Belajar Pemrograman

      Semakin banyak membaca dan mencoba, semakin mahir kamu dalam membuat program. Dengan prinsip tersebut, silahkan manfaatkan website berikut untuk meningkatan keahlian pemrogramanmu.

    • CodingBat is a free site of live coding problems to build coding skill in Java and Python (example problem). CodingBat is a project by Nick Parlante, a computer science lecturer at Stanford.

    • Free programming notes for professionals books.

    • Duniailkom didedikasikan bagi anda yang ingin mempelajari tentang dunia ilmu komputer. Saat ini duniailkom lebih berfokus kepada materi bahasa pemrograman. Total tersedia lebih dari 400 tutorial belajar bahasa pemrograman, yang meliputi tutorial bahasa Pascal, C, Python, Java, HTML, CSS, PHP, MySQL, JavaScript, jQuery, WordPress, dan cPanel. Materi lain akan dilengkapi bertahap.

    •   

      Belajar Mengetik

      Sebagai seorang mahasiswa dan, nantinya, ahli teknik informatika, kamu perlu bisa mengetik dengan cepat tanpa melihat keyboard. Manfaatkan sumber belajar berikut untuk meningkatkan kemampuan mengetikmu. Bagi yang mampu mengetik >= 60 WPM pada 10 Fast Finger di depan asisten Type-Key, akan mendapatkan tambahan 20 poin sikap. Mampu mengetik dengan cepat juga akan membantu proses belajar dan pekerjaanmu nanti.

    • Touch Typing Study is a free, user-friendly learning website that is designed to help you learn, practice and improve your typing speed and accuracy. Once you can touch-type you will not need to look at the keyboard to find the letters you want to type and you will also be able to type at a much faster speed! Touch typing is a method based on muscle memory instead of sight. This method allows you to achieve a much higher speed of data entry, especially if you need to transcribe text from other visual material.

    • If you want a quick way to test your typing speed, try out our 1-minute free Typing test (available in over 40 languages). You can quickly see how fast you can type and compare your results with your friends. One huge benefit: The more you use our typing game, the faster you will be able to type as the typing test uses the top 200 words of each language. If you are able to type the most frequent words faster, you will be able to type everything else faster as well!

loader image