Garis besar topik
-
Topik 02: Struktur Program dan Variabel
Setelah menyelesaikan berbagai kegiatan belajar sinkronus dan asinkronus dalam topik ini, kamu akan mampu:
- menyimulasikan sembarang kode program Java™ sederhana dengan tepat;
- membuat program mencetak sembarang teks ke konsol yang sesuai dengan spesifikasi;
- memperbaiki kesalahan program untuk mencetak sembarang teks ke konsol dengan tepat;
- menyimulasikan sembarang kode program Java™ yang menggunakan variabel dengan tepat;
- menggunakan variabel dalam program Java™ yang sesuai dengan spesifikasi;
- memperbaiki kesalahan program yang menggunakan variabel dengan tepat; dan
- membuat refleksi berfaedah tentang kegiatan belajarmu.
Kamu diharapkan untuk mengikuti pertemuan sinkronus serta menyelesaikan kegiatan asinkronus: dua Latihan, dua Praktikum, dua Debugging, satu Tugas, dan satu Refleksi. Jika ada pertanyaan terkait materi, sumber, atau kegiatan belajar pada topik ini, silahkan tuliskan dalam aktivitas "Saya ingin lebih tahu tentang..." untuk topik berikutnya, tanyakan ke asisten, atau tanyakan pada pertemuan sinkronus topik berlikutnya.
-
Kali ini, Palang Merah Indonesia dan Neuron bekerja sama dalam menyediakan edukasi mengenai etika saat batuk maupun bersin nih guys! hayoo, diperhatikan yaa untuk mencegah penyebaran penyakit ;)
-
Ayo kita ulas apa saja yang seharusnya sudah kamu pelajari dari berbagai kegiatan belajar pada topik-topik sebelumnya!
3.7 MB · Diunggah 16/10/25, 17:37 -
Tuliskan pertanyaan atau isu yang ingin dibahas ulang atau lebih mendalam pada pertemuan sinkronus Kelas A untuk topik ini. Pertanyaan atau isu yang kamu tuliskan akan tercatat secara anonim (i.e., tanpa nama), namun tetap dapat dibaca oleh para pejuang DDP lainnya.
-
Tuliskan pertanyaan atau isu yang ingin dibahas ulang atau lebih mendalam pada pertemuan sinkronus Kelas B untuk topik ini. Pertanyaan atau isu yang kamu tuliskan akan tercatat secara anonim (i.e., tanpa nama), namun tetap dapat dibaca oleh para pejuang DDP lainnya.
-
Yuk, kita senang-senang!
-
Setelah menyelesaikan kegiatan belajar sinkronus ini, kamu akan mampu menyimulasikan sembarang kode program Java™ sederhana dengan tepat. Penjelasan materi ini dapat dilihat pada video berikut:
4.2 MB · Diunggah 29/09/25, 13:23 -
Berkas ini mendeskripsikan perilaku program Java™ yang dibuat pada video demo di atas.
3.8 MB · Diunggah 29/09/25, 13:37 -
Ditutup: Minggu, 19 Oktober 2025, 23:59
Yakin sudah paham tentang Struktur dan Alur Membuat Program dengan Java™? Yuk, buktikan dengan mengerjakan latihan ini!
Setelah menyelesaikan Latihan ini, kamu akan mampu menyimulasikan sembarang kode program Java™ sederhana dengan tepat. Kamu bisa mengerjakan Latihan ini berkali-kali dengan 30 menit waktu tunggu antar percobaan. Kamu bisa memanfaatkan waktu tunggu ini untuk mempelajari materi yang masih kurang dipahami. Nilai terbaik dari percobaan yang kamu lakukan akan digunakan sebagai nilai final untuk Latihan ini.
-
Ditutup: Minggu, 19 Oktober 2025, 23:59
Memahami dan mempraktikan teori tentang membuat kode program Java™ merupakan dua hal yang berbeda. Manfaatkan kegiatan praktikum ini untuk meningkatan kemampuanmu dalam membuat program yang dapat mencetak sembarang teks ke konsol yang sesuai dengan spesifikasi!
Kamu bisa mengerjakan Praktikum ini berkali-kali dengan 30 menit waktu tunggu antar percobaan. Kamu bisa memanfaatkan waktu tunggu ini untuk mempelajari materi yang masih kurang dipahami. Nilai percobaan terakhir yang kamu peroleh lakukan akan digunakan sebagai nilai final untuk kegiatan belajar ini.
-
Ditutup: Minggu, 19 Oktober 2025, 23:59
Membuat dan memperbaiki kode program Java™ merupakan dua hal yang berbeda. Manfaatkan kegiatan Debugging ini untuk meningkatan kemampuanmu dalam memperbaiki kesalahan program untuk mencetak sembarang teks ke konsol dengan tepat!
Kamu bisa mengerjakan Debugging ini berkali-kali dengan 30 menit waktu tunggu antar percobaan. Kamu bisa memanfaatkan waktu tunggu ini untuk mempelajari materi yang masih kurang dipahami. Nilai percobaan terakhir yang kamu peroleh lakukan akan digunakan sebagai nilai final untuk kegiatan belajar ini.
-
Jatuh tempo: Minggu, 19 Oktober 2025, 23:59
Kegiatan belajar asinkronus berikut (i.e., Tugas), didesain untuk membantu kamu mampu membuat program mencetak sembarang teks ke konsol yang sesuai dengan spesifikasi. Program yang kamu buat harus mencetak nama, NPM, jenis kelamin, prinsip hidup, dan targetmu di DDP. Contoh keluaran program adalah sebagai berikut:
Fulani Fulana (1402024XXX) Saya perempuan dengan prinsip hidup #pintarItuPilihan. Pada mata kuliah DDP ini, saya ingin Pak Andreas berkata bahwa saya sudah kompeten di mata kuliah ini.
Jika kamu mengunggah berkas yang tidak bisa dibuka, kamu akan diasumsikan tidak mengerjakan Tugas ini. Kamu masih dapat mengumpulkan solusi Tugas ini selama tiga hari setelah tenggat waktu pengumpulan, dengan pengurangan 10 poin per harinya. Kode program yang kamu kumpulkan juga akan dibandingkan dengan solusi lain yang dikumpulkan. Jika terdeteksi ada indikasi plagiat, maka seluruh solusi yang terindikasi plagiat tidak akan diberikan nilai dan seluruh pengumpulnya mendapatkan -20 poin sikap.
-
Setelah menyelesaikan kegiatan belajar ini, kamu akan mampu menyimulasikan sembarang kode program Java™ yang menggunakan variabel dengan tepat. Penjelasan materi ini dapat dilihat pada video berikut:
3.7 MB · Diunggah 29/09/25, 13:51 -
Ditutup: Minggu, 19 Oktober 2025, 23:59
Yakin sudah paham tentang Variabel? Yuk, buktikan dengan mengerjakan latihan ini!
Setelah menyelesaikan Latihan ini, kamu akan mampu menyimulasikan sembarang kode program Java™ yang menggunakan variabel dengan tepat. Kamu bisa mengerjakan Latihan ini berkali-kali dengan 30 menit waktu tunggu antar percobaan. Kamu bisa memanfaatkan waktu tunggu ini untuk mempelajari materi yang masih kurang dipahami. Nilai terbaik dari percobaan yang kamu lakukan akan digunakan sebagai nilai final untuk Latihan ini.
-
Ditutup: Minggu, 19 Oktober 2025, 23:59
Memahami dan mempraktikan teori tentang variabel merupakan dua hal yang berbeda. Manfaatkan kegiatan praktikum ini untuk meningkatan kemampuanmu dalam menggunakan variabel dalam program Java™ yang sesuai dengan spesifikasi!
Kamu bisa mengerjakan Praktikum ini berkali-kali dengan 30 menit waktu tunggu antar percobaan. Kamu bisa memanfaatkan waktu tunggu ini untuk mempelajari materi yang masih kurang dipahami. Nilai percobaan terakhir yang kamu peroleh lakukan akan digunakan sebagai nilai final untuk kegiatan belajar ini.
-
Ditutup: Minggu, 19 Oktober 2025, 23:59
Membuat dan memperbaiki kode program Java™ merupakan dua hal yang berbeda. Manfaatkan kegiatan praktikum ini untuk meningkatan kemampuanmu dalam memperbaiki kesalahan program yang menggunakan variabel dengan tepat!
Kamu bisa mengerjakan Debugging ini berkali-kali dengan waktu tunggu antar percobaan selama 45 menit; kamu bisa memanfaatkan waktu tunggu ini untuk mempelajari materi yang masih kurang kamu pahami. Nilai percobaan terakhir yang kamu peroleh lakukan akan digunakan sebagai nilai final untuk kegiatan belajar ini.
-
Tautan ini akan membawa kamu ke website Geeks For Geeks yang membahas tentang Hello World.
-
What are the rules and conventions for naming a field? Besides int, what other data types are there? Do fields have to be initialized when they are declared? Are fields assigned a default value if they are not explicitly initialized? We'll explore the answers to such questions in this lesson, but before we do, there are a few technical distinctions you must first become aware of. In the Java programming language, the terms "field" and "variable" are both used.
Demo: Program Pertamaku