Section outline
-
Setelah mengikuti mata kuliah ini, kamu akan mampu merumuskan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu persoalan (i.e., algoritma) dan mengimplementasikannya dalam suatu bahasa pemrograman tertentu. Bahasa pemrograman Java™ akan digunakan dalam mata kuliah ini, namun dengan paradigma pemrograman prosedural alih-alih berorientasi pada objek. Konsep-konsep pemrograman yang akan dibahas adalah computational thinking (berpikir berbasis komputasi), alur membuat program, berbagai tipe data dan cara memanipulasinya, memanfaatkan masukkan dari pengguna, percabangan, pengulangan, dan metode (atau prosedur). Berikut contoh program yang akan mampu kamu ciptakan:
Penggunaan Gen-AI dalam mata kuliah ini tidak direkomendasikan karena mata kuliah ini didesain untuk melatih keterampilan berpikir dasar, yang tidak akan tercapai jika Gen-AI dimanfaatkan. Pejuang DDP yang mengandalkan Gen-AI berpotensi untuk terhambat ketika menghadapi Unjuk Kemampuan, di mana sang pejuang harus menjawab studi kasus pemrograman secara langsung diobservasi oleh asisten, tanpa menggunakan Gen-AI, dan melakukan thinking-aloud.
Kecuali disebutkan secara spesifik, materi, urutan penyajian, animasi, dan pertanyaan yang ada dalam kuliah ini merupakan karya Andreas Febrian dan sengaja didistribusikan dengan lisensi Creative Common BY-NC-SA 4.0 International (https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/).
-
Dapatkan informasi terkini terkait mata kuliah Dasar-Dasar Pemrograman melalui forum ini, seperti pengumuman kegiatan dan sumber belajar baru, atau apresiasi terhadap sikapmu. Pastikan kamu tetap subscribe forum ini agar mendapatkan notifikasi ketika ada berita baru.
-
Pada forum ini, instruktur dan asisten akan menampilkan NPM mahasiswa yang mengalami perubahan nilai sikap, baik karena hal positif ataupun negatif. Mari bersama-sama kita berusaha menjadi seorang manusia, muslim, dan akademisi yang lebih baik.
-
Pengumpulan Bukti Kegiatan di Luar Perkuliahan ForumDue: Wednesday, 31 December 2025, 11:59 PM
Kumpulkan bukti kegiatan di luar perkuliahan yang kamu ikuti disini, dengan membuat topik diskusi baru bernama "Kegiatan [Namamu]" (e.g., "Kegiatan Fulan"). Kumpulkan semua bukti kegiatanmu dalam topik tersebut untuk mempermudah pemantauan. Agar dapat diakui, kegiatanmu harus terjadi pada semester Ganjil 2025/2026, yang dimulai sejak 15 September 2025. Pengumpulan bukti kegiatan akan ditutup pada 31 Desember 2025 pukul 23:59 WIB.
-
Gunakan forum ini untuk mendiskusikan isu dan tantangan yang kamu temui ketika berinteraksi dengan sumber atau kegiatan belajar. Instruktur, asisten, ataupun para pejuang lainnya akan menjawab pertanyaanmu. Pastikan tidak ada informasi sensitif dalam tulisanmu karena akan dibaca oleh banyak orang, serta gunakan bahasa Indonesia dan etika berkomunikasi secara daring.
-
Kamu merasa punya ide atau komentar yang dapat meningkatkan kualitas mata kuliah ini? Langsung saja disampaikan di sini! Semua kritik dan saran akan tercatat secara anonim, jadi tidak akan mempengaruhi nilaimu.
-
-
Dasar-Dasar Pemrograman merupakan mata kuliah dengan tingkat kelulusan 44% bagi mahasiswa semester satu. Di antara mahasiswa yang lulus tersebut, 30% memperoleh nilai B atau lebih baik. Agar kamu bisa menjadi golongan mahasiswa seperti ini, baca dan pahami penjelasan mengenai karakteristik, Rencana Pembelajaran Semester, dan Kontrak mata kuliah ini dengan baik.
Activities: 4 -
Ada tujuh orang asisten yang siap membantu proses belajarmu via Discord. Mereka juga akan memberikan kamu kesempatan untuk menunjukkan keahlianmu dalam pemrograman (i.e., Unjuk Kemampuan) dan mengetik. Ayuk kita pelajari bagaimana caranya memanfaatkan layanan yang mereka sediakan!
Activities: 4 -
Pada masa kuliah, materi yang diberikan instruktur tidak menjadi satu-satunya sumber belajar dan pengetahuan yang kamu gunakan. Fokus belajarmu juga bukan hanya pemrograman, namun juga mengetik. Kemampuan ini sangat esensial bagi seorang programmer, termasuk yang baru belajar. Pada bagian ini, kamu akan menemukan beberapa sumber belajar lain yang bisa digunakan untuk meningkatan kemampuan coding (pemrograman) dan mengetikmu.
Activities: 11 -
Setelah menyelesaikan berbagai kegiatan belajar sinkronus dan asinkronus dalam topik ini, kamu akan:
- mengetahui target kompetensi dan ekspektasi mata kuliah;
- mampu menyelesaikan persoalan logika komputasional dasar dengan menggunakan konsep alur pemrograman, status, percabangan, dan pengulangan;
- mengetahui sejarah perkembangan dan variasi bahasa pemrograman;
- mampu menginstalasi kompiler dan penyunting teks Java™;
- mengetahui langkah mengeksekusi kode program Java™;
- mampu mengeksekusi program Java™ yang sudah dimodifikasi melalui konsol;
- fasih bernavigasi dalam berbagai aktivitas belajar di LAYAR; dan
- mampu membuat refleksi berfaedah tentang kegiatan belajarmu.
Kamu diharapkan untuk mengikuti pertemuan sinkronus serta menyelesaikan kegiatan asinkronus: enam aktivitas belajar, satu kelas asinkronus dari Universitas, dan satu Refleksi. Jika ada pertanyaan terkait materi, sumber, atau kegiatan belajar pada topik ini, silahkan tuliskan dalam aktivitas "Saya ingin lebih tahu tentang..." untuk topik berikutnya, tanyakan ke asisten, atau tanyakan pada pertemuan sinkronus topik berlikutnya.
Activities: 26 -
Setelah menyelesaikan berbagai kegiatan belajar sinkronus dan asinkronus dalam topik ini, kamu akan mampu:
- menyimulasikan sembarang kode program Java™ sederhana dengan tepat;
- membuat program mencetak sembarang teks ke konsol yang sesuai dengan spesifikasi;
- memperbaiki kesalahan program untuk mencetak sembarang teks ke konsol dengan tepat;
- menyimulasikan sembarang kode program Java™ yang menggunakan variabel dengan tepat;
- menggunakan variabel dalam program Java™ yang sesuai dengan spesifikasi;
- memperbaiki kesalahan program yang menggunakan variabel dengan tepat; dan
- membuat refleksi berfaedah tentang kegiatan belajarmu.
Kamu diharapkan untuk mengikuti pertemuan sinkronus serta menyelesaikan kegiatan asinkronus: dua Latihan, dua Praktikum, dua Debugging, satu Tugas, dan satu Refleksi. Jika ada pertanyaan terkait materi, sumber, atau kegiatan belajar pada topik ini, silahkan tuliskan dalam aktivitas "Saya ingin lebih tahu tentang..." untuk topik berikutnya, tanyakan ke asisten, atau tanyakan pada pertemuan sinkronus topik berlikutnya.
Activities: 19 -
Setelah menyelesaikan berbagai kegiatan belajar sinkronus dan asinkronus dalam topik ini, kamu akan mampu:
- mengevaluasi kompatibilitas sembarang variabel berdasarkan karakteristik tipe data numerik;
- menyimulasikan sembarang kode program Java™ yang menggunakan operator numerik dengan tepat;
- menggunakan operasi numerik dalam program Java™ yang sesuai dengan spesifikasi, termasuk memanfaatkan argumen eksekusi;
- memperbaiki kesalahan program yang menggunakan operasi numerik dengan tepat; dan
- mampu membuat refleksi berfaedah tentang kegiatan belajarmu.
Kamu diharapkan untuk mengikuti pertemuan sinkronus serta menyelesaikan kegiatan asinkronus: dua Latihan, satu Praktikum, satu Debugging, satu Tugas, dan satu Refleksi. Jika ada pertanyaan terkait materi, sumber, atau kegiatan belajar pada topik ini, silahkan tuliskan dalam aktivitas "Saya ingin lebih tahu tentang..." untuk topik berikutnya, tanyakan ke asisten, atau tanyakan pada pertemuan sinkronus topik berlikutnya.Activities: 0 -
Setelah menyelesaikan berbagai kegiatan belajar sinkronus dan asinkronus dalam topik ini, kamu akan:
- mengetahui konsep overflow dan rounding error;
- mampu menyimulasikan sembarang kode program Java™ yang menggunakan tipe data char dengan tepat;
- mampu menggunakan tipe data char dalam program Java™ yang sesuai dengan spesifikasi;
- mampu memperbaiki kesalahan program yang menggunakan tipe data char dengan tepat;
- mampu menyimulasikan sembarang kode program Java™ yang menggunakan tipe data String dengan tepat; dan
- menyimulasikan sembarang kode program Java™ yang memanipulasi tipe data String dengan tepat
- memanipulasi String dalam program Java™ yang sesuai dengan spesifikasi, termasuk memanfaatkan argumen eksekusi sebagai penunjuk indeks
- memperbaiki kesalahan program yang memanipulasi String dengan tepat
- membuat refleksi berfaedah tentang kegiatan belajarmu.
Kamu diharapkan untuk mengikuti pertemuan sinkronus serta menyelesaikan kegiatan asinkronus: empat Latihan, dua Praktikum, dua Debugging, satu Tugas, dan satu Refleksi. Jika ada pertanyaan terkait materi, sumber, atau kegiatan belajar pada topik ini, silahkan tuliskan dalam aktivitas "Saya ingin lebih tahu tentang..." untuk topik berikutnya, tanyakan ke asisten, atau tanyakan pada pertemuan sinkronus topik berlikutnya.Activities: 0 -
Setelah menyelesaikan berbagai kegiatan belajar sinkronus dan asinkronus dalam topik ini, kamu akan mampu:
- menyimulasikan sembarang kode program Java™ yang menggunakan operasi boolean dengan tepat;
- menggunakan operasi boolean dalam program Java™ yang sesuai dengan spesifikasi;
- memperbaiki kesalahan program yang menggunakan operasi boolean dengan tepat;
- menyimulasikan sembarang kode program Java™ yang menggunakan operator relasional dengan tepat;
- menggunakan operator relational dalam program Java™ yang sesuai dengan spesifikasi;
- memperbaiki kesalahan program yang menggunakan operator relational dengan tepat; dan
- membuat refleksi berfaedah tentang kegiatan belajarmu.
Kamu diharapkan untuk mengikuti pertemuan sinkronus serta menyelesaikan kegiatan asinkronus: dua Latihan, dua Praktikum, dua Debugging, dan satu Refleksi. Jika ada pertanyaan terkait materi, sumber, atau kegiatan belajar pada topik ini, silahkan tuliskan dalam aktivitas "Saya ingin lebih tahu tentang..." untuk topik berikutnya, tanyakan ke asisten, atau tanyakan pada pertemuan sinkronus topik berlikutnya.Activities: 0