Garis besar topik

  • Topik 01: Logika Pemrograman

    Setelah menyelesaikan berbagai kegiatan belajar sinkronus dan asinkronus dalam topik ini, kamu akan:

    1. mengetahui target kompetensi dan ekspektasi mata kuliah;
    2. mampu menyelesaikan persoalan logika komputasional dasar dengan menggunakan konsep alur pemrograman, status, percabangan, dan pengulangan;
    3. mengetahui sejarah perkembangan dan variasi bahasa pemrograman;
    4. mampu menginstalasi kompiler dan penyunting teks Java™;
    5. mengetahui langkah mengeksekusi kode program Java™;
    6. mampu mengeksekusi program Java™ yang sudah dimodifikasi melalui konsol;
    7. fasih bernavigasi dalam berbagai aktivitas belajar di LAYAR; dan
    8. mampu membuat refleksi berfaedah tentang kegiatan belajarmu.

    Kamu diharapkan untuk mengikuti pertemuan sinkronus serta menyelesaikan kegiatan asinkronus: enam aktivitas belajar, satu kelas asinkronus dari Universitas, dan satu Refleksi. Jika ada pertanyaan terkait materi, sumber, atau kegiatan belajar pada topik ini, silahkan tuliskan dalam aktivitas "Saya ingin lebih tahu tentang..." untuk topik berikutnya, tanyakan ke asisten, atau tanyakan pada pertemuan sinkronus topik berlikutnya.

    • Pertemuan sinkronus hibrida akan dilakukan via Microsoft Teams, yang dapat diakses dengan membuka tautan di atas. Kamu diharapkan sudah meluangkan waktu untuk berpartisipasi pada kegiatan belajar yang telah disiapkan.

    • Ayuk kita berkenalan lebih jauh mengenai mata kuliah Dasar-Dasar Pemrograman. Melalui slide dan video yang disediakan, kamu akan mengetahui tujuan pembelajaran, kompetensi yang ingin dicapai, serta hubungan kompetensi dalam mata kuliah ini dengan mata kuliah lainnya. Kamu akan paham perlunya menyelesaikan mata kuliah ini dengan baik. 

    • Pada kegiatan sinkronus ini, kamu akan menuntun robot untuk menemukan jalan keluar untuk 8 dari 10 labirin dalam kurun waktu 60 menit. Tautan ini akan membawa kamu ke permainan daring robot dalam labirin, yang harus diselesaikan dengan menggunakan code block (Blockly). Kegiatan belajar ini akan membantu kamu mampu menyelesaikan persoalan logika komputasional dasar dengan menggunakan konsep alur pemrograman, status, percabangan, dan pengulangan, yang juga dikenal sebagai computational thinking.

    • Pada kegiatan sinkronus ini, kamu akan menyelesaikan 7x7 Easy Slant Puzzle dalam kurun waktu 30 menit. Tautan ini akan membawa kamu ke puzzle daring yang harus diselesaikan. Kegiatan belajar ini akan membantu kamu mampu menyelesaikan persoalan logika komputasional dasar dengan menggunakan konsep alur pemrograman, status, percabangan, dan pengulangan, yang juga dikenal sebagai computational thinking.

    • Gunakan forum ini untuk menuliskan jawaban kamu terkait dengan topik pembelajaran sinkronus saat ini. Tuliskan jawabanmu pada percakapan yang sesuai dengan studi kasus yang sedang dibahas; jangan membuat pertanyaan atau percakapan baru. Kualitas jawabanmu akan menggambarkan tingkat kehadiran kognitifmu dalam pertemuan sinkronus.

    • Ditutup: Minggu, 12 Oktober 2025, 23:59

      Kamu perlu mengetahui sejarah perkembangan dan variasi bahasa pemrograman agar kamu dapat mengapresiasi perkembangan bahasa pemrograman dan pengarus setiap variasi terhadap bahasa lainnya. Agar kamu dapat mengerjakan Aktivitas ini dengan lebih mudah, manfaatkan slide presentasi dan video di bawah. 

      Kamu bisa mengerjakan Aktivitas ini berkali-kali dengan 30 menit waktu tunggu antar percobaan. Kamu bisa memanfaatkan waktu tunggu ini untuk mempelajari materi yang masih kurang dipahami. Nilai terbaik dari percobaan yang kamu lakukan akan digunakan sebagai nilai final untuk Aktivitas ini.

    • Setelah menyelesaikan kegiatan belajar asinkronus ini, kamu akan mengetahui sejarah perkembangan dan variasi paradigma bahasa pemrograman. Penjelasan materi ini dapat dilihat pada video berikut:

    • Jatuh tempo: Minggu, 12 Oktober 2025, 23:59

      Silahkan unduh Rabbids Coding! dengan menggunakan salah satu tautan di bawah, kemudian selesaikan level 1 sampai 17. Jika sudah, kumpulkan foto kamu dan bukti bahwa kamu sudah menyelesaikan level-level tersebut ke kantong pengumpulang ini. Jangan lupa untuk melihat rubrik penilaian unutk mengetahui secara jelas ekspektasi dari Aktivitas ini.

    • Buka tautan ini untuk mengunduh Rabbids Coding! di Android. 

    • Buka tautan ini untuk mengunduh Rabbids Coding! di iPhone dan iPad.

    • Buka tautan ini untuk mengunduh Rabbids Coding! di komputer.

    • Jatuh tempo: Minggu, 12 Oktober 2025, 23:59

      Selesainkan satu Easy Slant Puzzle berukuran 15x15, kemudian unggah keberhasilanmu ke kantong pengumpulan ini. Kamu bisa membuka aktivitas bernama Computational Thinking dengan Easy Slant Puzzle untuk masuk ke situs Slant Puzzle. Jangan lupa untuk melihat rubrik penilaian unutk mengetahui secara jelas ekspektasi dari Aktivitas ini. 

    • LAYAR akan menjadi perangkat utamamu selama menjadi mahasiswa di Universitas YARSI. Kamu perlu mempelajari cara bernavigasi dengan baik di LAYAR. Guna mencapai hal tersebut, kamu diminta untuk menyelesaikan mata kuliah asinkronus Berkenalan dengan LAYAR dan Pembelajaran Jarak Jauh. LAYAR akan mengirimkan tanda bahwa kamu sudah menyelesaikan mata kuliah tersebut dalam kurun waktu 1x24 jam.

      Saat menyelesaikan mata kuliah tersebut, kamu juga akan mempelajari tentang Fixed dan Growth Mindset, yang sangat berguna dalam perkuliahan dan kehidupanmu, khususnya mata kuliah pemrograman. Kamu akan diajak untuk refleksi dan mulai mengadopsi Growth Mindset.

      Mulai Topik 03, kamu sudah harus menyelesaikan Aktivitas ini dan menyetujui Kontrak Kuliah agar dapat mengakses seluruh sumber dan kegiatan belajar.

    • Jatuh tempo: Minggu, 12 Oktober 2025, 23:59

      Ada layanan asisten di DDP, lho! Coba lihat Topik bernama Layanan Asisten via Discord. Seperti namanya, kamu perlu berkenalan dengan Discord juga, baik via web atau aplikasi. Jika kamu butuh bantuan dalam instalasi Discord, silahkan lihat pentunjuk yang ada di Topik bernama Layanan Asisten via Discord. Gunakan tautan di bawah untuk masuk ke server Discord DDP. Perkenalanmu terdiri dari dua kegiatan, yaitu: (a) memilih kelas; dan (b) memperkenalkan dirimu di channel kelas masing-masing. Unggah bukti kamu sudah melakukan kedua hal tersebut ke kantong pengumpulan ini.

      Mulai Topik 03, kamu sudah harus menyelesaikan Aktivitas ini dan menyetujui Kontrak Kuliah agar dapat mengakses seluruh sumber dan kegiatan belajar.

    • Gunakan tautan berikut untuk mempermudah bergabung dalam server Discord DDP.

    • Jatuh tempo: Minggu, 12 Oktober 2025, 23:59

      Aktivitas asinkronus berikut, didesain untuk membantu kamu mampu menginstalasi kompiler dan penyunting teks bahasa pemrograman Java™ pada perangkat masing-masing. Untuk menyelesaikan Aktivitas ini, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

      1. unduh dan instal Java™ Development Kit Standard Edition (JDK SE) Long-Term Support dari tautan yang tersedia di bawah;
      2. jika dibutuhkan, lakukan set path agar dengan mengikuti instruksi pada manual atau video di bawah;
      3. unduh dan instal Notepad++;
      4. buka Notepad++;
      5. buka command prompt (i.e., console) dan jalankan perintah "javac -version";
      6. tampilkan nama pengguna atau perangkat yang kamu gunakan;
      7. ambil screenshoot yang memperlihatkan ketiganya (i.e., Notepad++, versi javac, dan nama pengguna/perangkat); dan
      8. unggah screenshot ke kantong pengumpulan ini.

    • Pada tautan berikut, kamu dapat mengunduh berkas instalasi JDK SE versi terakhir. Jika kamu mengalami permasalahan dalam melakukan set path, silahkan lihat video berikut:

    • Merupakan text editor yang bebas digunakan, yang didistribusikan dengan Lisensi GPL 3.0. Program ini ditulis dalam C++ dan memanfaatkan komponen Scintilla, Win32 API, dan SLT. Notepad++ sangat ringan digunakan dan tidak membutuhkan banyak sumber daya (e.g., computing cycle dan memory) sehingga lebih ramah lingkungan. 

    • Jatuh tempo: Minggu, 12 Oktober 2025, 23:59

      Aktivitas ini didesain untuk membantu kamu mampu menjalankan sebuah program Java™ sederhana yang sudah kamu modifikasi pada perangkat yang kamu miliki. Untuk menyelesaikan Aktivitas ini, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

      1. unduh kode program Java™ di bawah;
      2. ubah nama Fulan Fulana menjadi nama lengkapmu;
      3. kompilasi dan eksekusi kode program yang sudah dimodifikasi melalui konsol;
      4. ambil screenshoot yang dari hasil eksekusi; dan
      5. unggah screenshot ke kantong pengumpulan ini.

      Mulai Topik 03, kamu sudah harus menyelesaikan Aktivitas ini dan menyetujui Kontrak Kuliah agar dapat mengakses seluruh sumber dan kegiatan belajar.

    • Lihat video berikut untuk membantumu menyelesaikan Aktivitas 07.

    • Program ini mencetak teks yang berisi salam, nama, dan ukuran memory yang dimiliki perangkat eksekusi.

    • Materi Tambahan

      Materi yang diberikan belum mencukupi untukmu? Ingin tahu lebih dalam lagi? Silahkan manfaatkan beberapa rekomendasi materi tambahan di bawah untuk memperkaya pemahamanmu tentang topik ini.

    • Paradigm can also be termed as method to solve some problem or do some task. Programming paradigm is an approach to solve problem using some programming language or also we can say it is a method to solve a problem using tools and techniques that are available to us following some approach. There are lots for programming language that are known but all of them need to follow some strategy when they are implemented and this methodology/strategy is paradigms. - Geeks for Geeks

    • Each programming language was invented for a specific purpose. Each succeeding programming language builds on the strength of it’s predecessors. For example, Machine Language is succeeded by Assembly Language, which is succeeded by high-level languages. In other words, High-level programming languages are build on Assembly Language, which is built on Machine Language. The idea is that higher level languages calls functions of a lower level languages with a single-simple short code. - The Revisionist.

    • Kali ini kita akan belajar menggunakan Command Prompt (CMD). Dengan menggunakan CMD, kamu juga bisa belajar lebih dalam tentang System Windows.

    • Notepad jika kita artikan note adalah catatan dan pad adalah tempat. Jadi notepad++ adalah tempat catatan kita untuk mengingat yang kecil-kecil saja. Tetapi dalam notepad++ sendiri memiliki fungsi yang sangat handal lho. Mulai dari language yang sangat lengkap dan beberapa fungsi lainnya.