Skip to main content
Home

Topic outline

  • Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa akan mengenal, memahami, dan dapat menggunakan dan menjustifikasi penggunaan berbagai jenis struktur data, teknik rekursif, algoritma pengurutan (sorting), dan menganalisa kompleksitas algoritma yang mereka gunakan.

    Materi, urutan penyajian, animasi, dan pertanyaan yang ada dalam halaman kuliah ini merupakan karya orang-orang yang namanya disebutkan di halaman pertama setiap materi, dan sengaja didistribusikan dengan lisensi Creative Common by-no-sa 4.0 International (https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/), yang berarti bisa digunakan dan diubah sesuai dengan kebutuhan selama tidak untuk kepentingan komersial dan memberikan kredit pada pencipta. Karya ini dan ubahannya boleh didistribusikan ulang selama masih menggunakan lisensi yang sama. Gambar yang digunakan merupakan milik penciptanya masing-masing.

    • Forum ini digunakan untuk mengumumkan hal-hal terkait perkuliahan, seperti nilai bonus, sikap, dan kasus plagiarisme yang terdeteksi. Tips: Jangan lupa untuk memonitor perubahan nilai sikap Anda setiap minggu. 

    • forum icon
      Diskusi Forum

      Gunakan forum ini untuk mendiskusikan dan bertanya tentang materi dan kegiatan kuliah kepada instruktur, asisten, ataupun peserta kuliah yang lain. Pastikan Anda menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan etika berkomunikasi secara daring (i.e., netiquette). Setiap pelanggaran yang dilakukan akan mengurangi poin sikap.

    •  


    • glossary icon
      Terminologi Glossary

      Daftar kata-kata, istilah, atau terminologi dalam pemrograman yang berhubungan dengan kuliah ini. Daftar ini disediakan untuk membantu proses belajar Anda. 

      Daftar terminologi akan diperbaharui secara berkala, namun tidak menjadi prioritas. Jika Anda ingin membantu melengkapi daftar ini, silahkan hubungi instruktur - tentunya Anda akan mendapatkan tambahan poin sikap yang sesuai. 

  • Kali ini, Anda akan diajak untuk mengenal teknik menganalisis kompleksitas suatu algoritma berdasarkan waktu eksekusi dan big-Oh. Anda juga akan mempelajari pemanfaatan big-Oh dalam mendesain program. Pada saat praktikum, Anda akan diajak berkenalan dengan rekursif dengan pendekatan intuitif.

    Pastikan Anda mengumpulkan jawaban Praktikum dan mengisi Refleksi agar tidak dianggap mengabaikan kegiatan kuliah dan mendapatkan potongan lima poin sikap. Ingat, bahwa Anda tetap bisa mengakses materi kuliah walaupun tidak datang ke kelas; silahkan manfaatkan materi yang tersedia dengan sebaik-baiknya. Selamat belajar!

    • Slide ini membahas konsep dan teknik analisis algoritma dengan waktu eksekusi dan big-Oh, serta pemanfaatan big-Oh. 

      Pastikan Anda sudah membaca dan menjawab soal-soal dalam slide ini sebelum pertemuan tatap muka!

    • Versi lebih lengkap dari slide yang sudah dipublikasikan sebelumnya. Silahkan dimanfaatkan. 

    • Praktikum 2

      Kegiatan praktikum langsung membahas Praktikum 2, walaupun Anda belum menyelesaikan Praktikum 1. Jika Anda ingin mengetahui solusi Praktikum 1, silahkan lihat slide kuliah Analisis Algoritma. Jika Anda mengabaikan kegiatan belajar ini, Anda akan mendapatkan potongan sikap sebesar 5 poin.

    • Saat praktikum, langsung unduh berkas ini, ikuti instruksi persiapan, dan selesaikan setiap soal yang ada. Jika Anda merasa bingung, jangan ragu untuk memanggil instruktur atau asisten yang ada di ruangan. 

      Usahakan Anda sudah membaca dan mengerjakan sebagian kegiatan praktikum sebelum pertemuan tatap muka.

    • Berkas JavaTM inilah yang akan Anda ubah selama praktikum. Kode program ini memiliki dua buah method, yaitu main(String[]) dan bacaUmur(Scanner). 

    • Unggah kode JavaTM terakhir Anda di sini. Anda akan dianggap mengabaikan kegiatan belajar jika tidak mengumpulkan kode program terakhir Anda, dan mendapatkan potongan sikap sebesar 5 poin. 

    • Tugas 2

      Soal untuk kelas A, B, dan C berbeda-beda; pastikan Anda mengerjakan soal untuk kelas Anda. Pada tugas ini, Anda akan diminta menyederhanakan sebuah persamaan big-Oh, membuat prediksi waktu eksekusi menggunakan persamaan big-Oh, dan membuat grafik waktu eksekusi dari sebuah program. Jika Anda mengabaikan kegiatan belajar ini, Anda akan mendapatkan potongan sikap sebesar 5 poin.

    • Deskripsi Tugas 2 untuk kelas A. Layangkan pertanyaan Anda ke forum diskusi (lebih disukai) atau di kelas jika ada yang kurang dipahami.

    • Berkas JavaTM inilah yang harus dianalisis waktu eksekusinya oleh Kelas A.

    • Deskripsi Tugas 2 untuk kelas B. Layangkan pertanyaan Anda ke forum diskusi (lebih disukai) atau di kelas jika ada yang kurang dipahami.

    • Berkas JavaTM inilah yang harus dianalisis waktu eksekusinya oleh Kelas B.

    • Deskripsi Tugas 2 untuk kelas C. Layangkan pertanyaan Anda ke forum diskusi (lebih disukai) atau di kelas jika ada yang kurang dipahami.

    • Berkas JavaTM inilah yang harus dianalisis waktu eksekusinya oleh Kelas C.

    • Kumpulkan solusi Tugas 2 Soal 1 disini. Pastikan berkas yang dikumpulkan dalam format PDF dengan nama "Tugas 2.1 [NPM].pdf" contoh "Tugas 2.1 1402019999.pdf." Mahasiswa yang terlambat mengumpulkan atau mengumpulkan berkas yang tidak bisa dibuka, akan diasumsikan tidak mengerjakan soal ini. 

    • Kumpulkan kode program terakhir untuk Tugas 2 Soal 2 disini. Pastikan berkas dikumpulkan dengan format nama "Tugas2_[NPM].java" contoh "Tugas2_1402019999.java." Mahasiswa yang terlambat mengumpulkan atau mengumpulkan berkas yang tidak bisa dibuka, akan diasumsikan tidak mengerjakan soal ini. 

    • Kumpulkan grafik waktu eksekusi untuk Tugas 2 Soal 2 disini. Pastikan berkas yang dikumpulkan merupakan sebuah gambar dan bernama "WaktuEksekusi_[NPM]" contoh "WaktuEksekusi_1402019999.jpg." Mahasiswa yang terlambat mengumpulkan atau mengumpulkan berkas yang tidak bisa dibuka, akan diasumsikan tidak mengerjakan soal ini. 

    • Refleksi

loader image