Skip to main content
Home

Topic outline

  • Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa akan mengenal, memahami, dan dapat menggunakan dan menjustifikasi penggunaan berbagai jenis struktur data, teknik rekursif, algoritma pengurutan (sorting), dan menganalisa kompleksitas algoritma yang mereka gunakan.

    Materi, urutan penyajian, animasi, dan pertanyaan yang ada dalam halaman kuliah ini merupakan karya orang-orang yang namanya disebutkan di halaman pertama setiap materi, dan sengaja didistribusikan dengan lisensi Creative Common by-no-sa 4.0 International (https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/), yang berarti bisa digunakan dan diubah sesuai dengan kebutuhan selama tidak untuk kepentingan komersial dan memberikan kredit pada pencipta. Karya ini dan ubahannya boleh didistribusikan ulang selama masih menggunakan lisensi yang sama. Gambar yang digunakan merupakan milik penciptanya masing-masing.

    • Forum ini digunakan untuk mengumumkan hal-hal terkait perkuliahan, seperti nilai bonus, sikap, dan kasus plagiarisme yang terdeteksi. Tips: Jangan lupa untuk memonitor perubahan nilai sikap Anda setiap minggu. 

    • forum icon
      Diskusi Forum

      Gunakan forum ini untuk mendiskusikan dan bertanya tentang materi dan kegiatan kuliah kepada instruktur, asisten, ataupun peserta kuliah yang lain. Pastikan Anda menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan etika berkomunikasi secara daring (i.e., netiquette). Setiap pelanggaran yang dilakukan akan mengurangi poin sikap.

    •  


    • glossary icon
      Terminologi Glossary

      Daftar kata-kata, istilah, atau terminologi dalam pemrograman yang berhubungan dengan kuliah ini. Daftar ini disediakan untuk membantu proses belajar Anda. 

      Daftar terminologi akan diperbaharui secara berkala, namun tidak menjadi prioritas. Jika Anda ingin membantu melengkapi daftar ini, silahkan hubungi instruktur - tentunya Anda akan mendapatkan tambahan poin sikap yang sesuai. 

  • Kali ini, Anda akan diajak untuk mengetahui aturan perkuliahan Struktur Data dan Algoritma (SDA), mengulang materi kuliah Dasar-Dasar Pemrograman (DDP) secara garis besar, dan kemudian melakukan analisis algoritma sederhana. Berbeda dari kuliah DDP, pada praktikum SDA, Anda akan banyak terbantu oleh kelas PraktikumHelper.

    Pastikan Anda mengumpulkan jawaban Praktikum dan mengisi Refleksi agar tidak dianggap mengabaikan kegiatan kuliah dan mendapatkan potongan lima poin sikap. Ingat, bahwa Anda tetap bisa mengakses materi kuliah walaupun tidak datang ke kelas; silahkan manfaatkan materi yang tersedia dengan sebaik-baiknya. Selamat belajar!

    • Slide ini membahas ekspektasi perkuliahan, termasuk tujuan pembelajaran, aturan perkuliahan, media komunikasi, komponen penilaian, nilai sikap, nilai bonus, dan strategi belajar yang baik.

    • Slide ini membahas sebagian materi kuliah DDP termasuk kompilasi dan eksekusi program JavaTM, variabel, berbagai tipe data, Array, struktur if, dan struktur for. Manfaatkan slide ini untuk membantu Anda mendapatkan nilai setinggi-tingginya untuk Tugas 1. Review materi DDP sangat penting untuk memudahkan proses belajar Anda di kuliah ini; khususnya karena instruktur berasumsi Anda bisa membuat program. 

    • Praktikum 1

    • Ketika sudah masuk lab, langsung buka dan kerjakan soal-soal yang ada di slide ini; usahakan Anda sudah mencoba mengerjakannya sebelum kegiatan praktikum.

    • Tugas 1

      Tugas ini untuk kelas A, B, dan C. Pastikan Anda meluangkan waktu untuk mengerjakannya. Jika Anda mengabaikan kegiatan belajar ini, Anda akan mendapatkan potongan sikap sebesar 5 poin.

    • Pada Tugas 1 ini, Anda diminta untuk menjawab 35 soal dari kuliah Dasar-Dasar Pemrograman (DDP) dalam waktu 60 menit. Anda bisa mengerjakan (Kuis) Tugas 1 ini berkali-kali sampai tenggat waktu pengerjaan; Anda perlu menunggu 15 menit dari percobaan terakhir. Nilai final Anda adalah nilai percobaan paling tertinggi. Manfaatkan waktu tunggu tersebut untuk mereview materi kuliah DDP yang kurang Anda kuasai.

      Berhubung Anda memiliki kesempatan yang tidak terbatas dan mendapatkan umpan balik berupa nilai, usahakan nilai Anda di atas 60 poin. Tugas ini dapat diakses tanpa password.

      Selamat bersenang-senang!

    • Refleksi

loader image