Skip to main content
Home

Topic outline

  • Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa akan mengenal, memahami, dan dapat menggunakan dan menjustifikasi penggunaan berbagai jenis struktur data, teknik rekursif, algoritma pengurutan (sorting), dan menganalisa kompleksitas algoritma yang mereka gunakan.

    Materi, urutan penyajian, animasi, dan pertanyaan yang ada dalam halaman kuliah ini merupakan karya orang-orang yang namanya disebutkan di halaman pertama setiap materi, dan sengaja didistribusikan dengan lisensi Creative Common by-no-sa 4.0 International (https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/), yang berarti bisa digunakan dan diubah sesuai dengan kebutuhan selama tidak untuk kepentingan komersial dan memberikan kredit pada pencipta. Karya ini dan ubahannya boleh didistribusikan ulang selama masih menggunakan lisensi yang sama. Gambar yang digunakan merupakan milik penciptanya masing-masing.

    • Forum ini digunakan untuk mengumumkan hal-hal terkait perkuliahan, seperti nilai bonus, sikap, dan kasus plagiarisme yang terdeteksi. Tips: Jangan lupa untuk memonitor perubahan nilai sikap Anda setiap minggu. 

    • forum icon
      Diskusi Forum

      Gunakan forum ini untuk mendiskusikan dan bertanya tentang materi dan kegiatan kuliah kepada instruktur, asisten, ataupun peserta kuliah yang lain. Pastikan Anda menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan etika berkomunikasi secara daring (i.e., netiquette). Setiap pelanggaran yang dilakukan akan mengurangi poin sikap.

    •  


    • glossary icon
      Terminologi Glossary

      Daftar kata-kata, istilah, atau terminologi dalam pemrograman yang berhubungan dengan kuliah ini. Daftar ini disediakan untuk membantu proses belajar Anda. 

      Daftar terminologi akan diperbaharui secara berkala, namun tidak menjadi prioritas. Jika Anda ingin membantu melengkapi daftar ini, silahkan hubungi instruktur - tentunya Anda akan mendapatkan tambahan poin sikap yang sesuai. 

  • Kali ini, Anda diajak untuk mengenal struktur data HashMap dan Iterator. Sama seperti minggu sebelumnya, Anda harus membaca slide, menonton video penjabaran slide (jika diperlukan), dan menguji pengetahuan teori Anda dengan mengerjakan soal latihan. Pada saat praktikum, Anda diminta menghitung nilai final ujian dan menyimpannya dalam HashMap. Anda baru akan terhitung hadir jika berhasil mendapatkan 70 poin pada Latihan dan Praktikum; penilaian dilakukan secara otomatis. Mengabaikan Latihan dan Praktikum akan menyebabkan Anda kehilangan 5 poin sikap.

    Pengayaan akan dilakukan secara daring dengan memanfaatkan aplikasi Discord. Pertemuan ini akan diisi dengan review materi minggu sebelumnya (dalam bentuk pertanyaan), beberapa pengumuman, dan diskusi tentang materi minggu ini.

    Selamat belajar dan sampai bertemu di Discord!

    • Slide ini membahas mengenai struktur data HashMap, yaitu sebuah struktur yang menggunakan fungsi hash dalam membuat pemetaan kunci dan data. Untuk mengerti prilaku HashMap, Anda akan dikenalkan secara singkat tentang konsep hash dan map. Selain struktur ini, Anda juga akan belajar mengenai iterator, yaitu sebuah objek yang dapat digunakan untuk menunjuk data dalam berbagai struktur data pada JavaTM Collection Framework.

      Pastikan Anda sudah membaca dan menjawab soal-soal dalam slide ini sebelum pertemuan tatap muka!

    • Video presentasi dari slide kuliah yang menjelaskan prilaku dari HashMap. 

    • Video presentasi dari slide kuliah yang menjelaskan konsep Hash. Materi ini akan membantu Anda dalam memahami konsep dan prilaku struktur data HashMap. 

    • Video presentasi dari slide kuliah yang menjelaskan konsep struktur data Map. Materi ini akan membantu Anda dalam memahami konsep dan prilaku struktur data HashMap. 

    • Video presentasi dari slide kuliah yang menjelaskan prilaku dari Iterator. 

    • Latihan ini terkait dengan materi HashMap dan Iterator, dan Anda bisa mengerjakannya berkali-kali dengan waktu tunggu 30 menit antar percobaan. Tipe soal yang dikeluarkan serupa dengan yang digunakan pada saat pertemuan dalam kelas, dan juga yang akan dikeluarkan saat kuis. Manfaatkan latihan ini untuk meningkatkan pemahaman Anda.

      Selama Universitas, Fakultas, ataupun Program Studi belum mengeluarkan kebijakan tentang kehadiran mahasiswa dalam situasi khusus, kehadiran Anda dalam kelas teori akan dilihat dari hasil Latihan ini. Agar terhitung hadir, Anda harus mendapatkan nilai minimal 70 poin.

    • Untuk bergabung, salin tautan atau kode undangan e55K22q ke aplikasi Discord. 

      Pertemuan daring akan dilakukan pada 7 April 2020 mulai 08:00 - 12:00. Jangan lupa, Anda bisa menggunakan tautan ini untuk bertanya seputar kuliah setelah jam pertemuan.

    • Untuk bergabung, salin tautan atau kode undangan https://discord.gg/HhnGdd 

      Pertemuan daring akan dilakukan pada 7 April 2020 mulai 13 :00 - 17:00. Jangan lupa, Anda bisa menggunakan tautan ini untuk bertanya seputar kuliah setelah jam pertemuan.

    • Untuk bergabung, salin tautan atau kode undangan eUzKjDK ke aplikasi Discord.

      Instruktur ada webmeeting yang tidak bisa ditinggal, sehingga pertemuan daring akan dilakukan pada 9 April 2020 mulai 20:00 - 22:00. Instruktur akan kesulitan untuk memonitor Discord dari pagi sampai siang hari. Jangan lupa, Anda bisa menggunakan tautan ini untuk bertanya seputar kuliah setelah jam pertemuan.

    • Kuis Teori 2

    • Mulailah dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. 

      Kuis koding ini terkait dengan materi algoritma pengurutan. Anda diharapkan untuk menyelesaikan 18 soal dalam waktu 36 menit; 2 menit per-soal. Untuk mengantisipasi kendala teknis terkait e-learning dan jaringan, maka Anda diberikan tambahan waktu 15 menit. Kuis akan dibuka selama 90 menit, jika Anda terlambat memulai, maka waktu untuk mengerjakan kuis ini akan berkurang secara otomatis. Setelah di submit, Anda akan mendapatkan overall feedback. 

      Kuis ini bersifat tertutup, artinya Anda tidak boleh membuka materi kuliah, catatan, solusi praktikum atau tugas. Anda diizinkan untuk menggunakan teks editor dan compiler di komputer yang Anda gunakan. Jika Anda ragu akan sesuatu, silahkan bertanya kepada instruktur atau asisten untuk memastikan. 

      Dengan mengerjakan kuis ini, Anda menyatakan sudah memahami aturan di atas dan mengenai prilaku plagiat/kecurangan. Ingat, jika Anda diduga melakukan plagiat/kecurangan, nilai kuis ini akan di-nol-kan dan nilai sikap berkurang 25 poin. 

    • Praktikum 9

    • Saat praktikum, langsung unduh berkas ini, ikuti instruksi persiapan, dan selesaikan setiap soal yang ada. Jika Anda merasa bingung, jangan ragu untuk memanggil instruktur atau asisten yang ada di ruangan. 

      Usahakan Anda sudah membaca dan mengerjakan sebagian kegiatan praktikum sebelum pertemuan tatap muka.

    • Berkas JavaTM inilah yang akan Anda ubah selama praktikum. Kode program ini memiliki method main(String[]) dan parse(Scanner). Untuk menyelesaikan Praktikum ini, Anda perlu melengkapi method parse(Scanner).

    • Data nilai ujian 1 yang dibutuhkan untuk Praktikum ini; pastikan berkas ini berada dalam direktori yang sama dengan kode program Anda.

    • Data nilai ujian 2 yang dibutuhkan untuk Praktikum ini; pastikan berkas ini berada dalam direktori yang sama dengan kode program Anda.

    • Uji solusi Praktikum Anda disini. Anda baru akan dianggap hadir jika berhasil mendapatkan nilai minimal 70 poin. Anda bisa mencoba mengumpulkan solusi Praktikum berkali-kali dengan waktu tunggu 30 menit antar percobaan.

      Selama Universitas, Fakultas, ataupun Program Studi belum mengeluarkan kebijakan tentang kehadiran mahasiswa dalam situasi khusus, kehadiran Anda dalam kelas praktikum akan dilihat dari hasil Latihan ini. Agar terhitung hadir, Anda harus mendapatkan nilai minimal 70 poin. 

    • Refleksi

loader image