Mata kuliah Struktur Data dan Algoritma (SDA) merupakan lanjutan dari mata kuliah Dasar-Dasar Pemrograman (DDP) pada semester pertama. Sama seperti DDP, mata kuliah ini didesain untuk membangun kompetensi lulusan Program Studi Teknik Informatika agar bisa membuat program komputer. Seluruh kompetensi yang sudah disampaikan dan dilatih pada mata kuliah DDP akan digunakan dalam mata kuliah ini. Artinya, bahasa pemrograman Java™ juga digunakan dalam mata kuliah SDA.

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dalam mata kuliah ini adalah:

Kode Deskripsi
S1 Menjadi muslim yang Smart: cerdas, profesional, pandai (fathonah)
S2 Menjadi muslim yang Compassionate: menyampaikan, berakhlak baik, bersyukur, pemaaf, sabar, santun, dan bijak (tabligh)
S3 Menjadi muslim yang Reliable: bertanggung jawab, kuat, jujur, benar, dan dapat dipercaya (shiddiq dan amanah)
KU1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi
KU2 Menunjukkan profesionalitas yang memperhatikan nilai-nilai humaniora
P1 Menguasai konsep dan prinsip pemodelan matematika, statistika, dan struktur diskrit untuk menganalisis dan menyelesaikan masalah logika dan komputasi
P3 Menguasai konsep dasar algoritma, struktur data, dan kompleksitas untuk memecahkan permasalahan desain sebuah perangkat lunak serta mengimplementasikannya menggunakan paradigma pemrograman deklaratif, terstruktur, dan berorientasi objek

Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan dilatih untuk lebih terbiasa dan percaya diri dalam membuat program, serta mengembangkan sikap-sikap yang diperlukan bisa sukses secara akademik dan profesional, e.g., jujur, berani mencoba, dan pembelajar mandiri. Kedua kemampuan tersebut diperlukan agar bisa berhasil melewati seluruh kuliah yang ditawarkan selama masa studi - termasuk ketika mengikuti kegiatan kuliah kerja nyata, magang, dan skripsi - serta menjadi cendikiawan dan profesional muslim.

Setelah mengikuti mata kuliah dasar ini, mahasiswa akan mampu merumuskan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu persoalan (i.e., algoritma) dan mengimplementasikannya dalam suatu bahasa pemrograman Java™. Konsep-konsep pemrograman yang akan dibahas adalah teknik rekursif, berbagai algoritma pengurutan dan kompleksitasnya, dan berbagai macam struktur data.

Selama masa pembelajaran, mahasiswa akan sering diberikan latihan untuk membiasakan pikirannya dan melatih kemampuan regulasi dirinya dalam membuat program. Prinsip utama dalam mata kuliah ini adalah #pintarItuPilihan.

Synchronous Meeting Type: Blended (Online and Face-to-Face)