Program Studi Teknik Informatika menargetkan semua lulusannya bisa membuat program komputer. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan diberikan kemampuan dasar untuk melakukan hal tersebut. Pengetahuan dan keterampilan pemrograman akan diperlukan pada hampir seluruh mata kuliah yang ditawarkan selama menyelesaikan masa studi, termasuk ketika mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata, Magang, dan Skripsi.

Setelah mengikuti mata kuliah dasar ini, mahasiswa akan mampu merumuskan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu persoalan (i.e., algoritma) dan mengimplementasikannya dalam suatu bahasa pemrograman tertentu. Bahasa pemrograman Java™ akan digunakan dalam mata kuliah ini, namun dengan paradigma pemrograman prosedural, alih-alih berorientasi pada objek.

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dalam mata kuliah ini adalah:

Kode Deskripsi
S1 Menjadi muslim yang ScoRe (Smart, Compassionate, Reliable)
KU1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi
KU2 Menunjukkan profesionalitas yang memperhatikan nilai-nilai humaniora
P3 Menguasai konsep dasar algoritma, struktur data, dan kompleksitas untuk memecahkan permasalahan desain sebuah perangkat lunak serta mengimplementasikannya menggunakan paradigma pemrograman deklaratif, terstruktur, dan berorientasi objek

Konsep-konsep pemrograman yang akan dibahas adalah tipe data primitif dan String beserta operasi-operasinya, struktur Array, konversi tipe data, struktur pemilihan, struktur pengulangan, dan struktur metode. Selama masa pembelajaran, mahasiswa akan sering diberikan latihan untuk membiasakan pikirannya dan melatih kemampuan regulasi dirinya dalam membuat program. Prinsip utama dalam mata kuliah ini adalah #pintarItuPilihan.

Kompetensi yang ingin dicapai dalam kuliah ini dibutuhkan oleh seluruh profil lulusan pada Program Studi Teknik Informatika. Profil lulusan yang dimaksud adalah Junior Data Scientist, Intelligent System Developer, Data Architect, Database Administrator, Object-Oriented Programmer, Database Programmer, Software Engineer, Network Control Analyst (yang juga bisa berperan sebagai Lan Application Support Analyst), Network Administrator, System Analyst, Webmaster, Web Developer, dan Augmented Reality Developer.

Synchronous Meeting Type: Fully Online