Template RPS ini dimodifikasi dengan mempertimbangkan (a) proses audit internal dan external pada tahun 2020; (b) penjelasan yang eksplisit; (c) pengoptimalan kegiatan belajar asinkronus; dan (d) kemudahan dalam pemeliharan atau pembaharuan dokumen.
Ibu Herika Hayurani dan Ibu Nurmaya, duet dosen dengan karakter, filosofi, dan prinsip yang agak berlawanan. Semester ini, mereka semakin jauh meninggalkan gaya teacher-centered dengan menyediakan kegiatan belajar yang lebih partisipatif, seperti design case study, peer evaluation, pair programming, dan refleksi dengan memanfaatkan concept map. Mereka semakin menyadari bahwa melalui student-centered learning, mereka tetap bisa mendidik dengan sepenuh hati, walau butuh tenaga lebih untuk menyesuaikan mindset dan menyiapkan berbagai kegiatan belajar.
Berikut adalah karakteristik mahasiswa dan modifikasi desain instruksional untuk mengatur dan memaksimalkan setiap karakteristiknya.
Rencana Pembelajaran Semester mata kuliah Basis Data 1 ini disusun berdasarkan kebutuhan dan karakteristik Mahasiswa yang diampu sebelumnya
Berikut acuan penilaian sikap Fakultas Teknlogi Informasi yang diimplementasikan di mata kuliah ini.
Berikut ini penjelasan mengenai (a) definisi peta konsep; (b) tujuan konsep map; (c) komponen concept map, dan (d) bagaimana cara membuat peta konsep.
Berikut beberapa referensi terkait dengan Concept Map
Berikut merupakan dokumen gambaran tugas design case serta keterlibitan peer evalution dalam tugas tersebut/
Berikut adalah contoh-contoh format peer evaluation yang telah dilakukan oleh mahasiswa FTI untuk mata kuliah Basis Data 1