Ringkasan topik

  • Umum

  • Danang Dwijo Kangko, M.P.

    Pak Danang Dwijo Kangko, M.P. merupakan dosen dari Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi yang meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah Otomasi Perpustakaan. Pada semester ini, beliau bekerja sama dengan beberapa perpustakaan dan taman bacaan masyarakat untuk mengotomatisasi perpustakaan mereka, dan melibatkan mahasiswa dalam mata kuliah ini. Keren!! Kuliah sambil berkontribusi langsung pada masyarakat! Asiknya lagi, usaha mahasiswa dalam proyek ini disetarakan dengan nilai UAS mereka.

    Tentang Proyek

    Sejalan dengan PKM beliau, proyek ini bertujuan untuk menyelasaikan permasalahan nyata di ruang baca. Selama setengah semester kedua, mahasiswa secara berkelompok (4-5 orang) akan mengerjakan proyek ini. Setiap mahasiswa diminta untuk melakukan observasi, implementasi, dan evaluasi sistem otomasi perpustakaan pada sebuah perpustakaan atau taman bacaan masyarakat. Setiap kelompok akan berperan sebagai konsultan jasa dan produk sistem otomasi perpustakaan terintegrasi untuk pengelola perpustakaan atau taman bacaan masyarakat yang ditunjuk.

    Hasil proyek yang akan dinilai adalah dokumen (a) proposal; (b) kontrak, (c) dokumentasi foto atau video pelaksanaan proyek; (d) laporan akhir kegiatan; (e) penilaian rekan sejawat, dan (f) penilaian dari mitra. Dokumen-dokumen tersebut akan diunggah pada minggu Ujian Akhir Semester.
    Keterlambatan pengumpulan Proyek akan menyebabkan pengurangan nilai sikap 15 poin per hari hingga maksimal terlambat 3 hari.

    View Section Modules
    Modules:URL: 1Berkas: 2
  • Muhammad Fathurrachman, M.Kom.

    Pak M. Fathurrachman dari Prodi Teknik Informatika akan bercerita tentang peningkatan kualitas pembelajaran yang dilakukannya pada mata kuliah Data Mining. Dengan mempertimbangkan karakteristik mahasiswa yang mengambil mata kuliahnya, beliau menyiapkan beberapa skenario untuk mengatasi masalah belajar mahasiswanya, baik dalam bentuk kegiatan atau alur belajar secara asinkronus.

    Tentang Proyek Akhir

    Pada Proyek akhir ini mahasiswa membuat laporan proyek penambangan data dalam format PKM 2021 atau Gemastik. Hasil proyek akhir berpotensi diusulkan pada Program Krreativitas Mahasiswa (Bidang AI, KC, Peneltiian), GEMASTIK, dan Jurnal FTI

    View Section Modules
    Modules:URL: 1Berkas: 4
  • Dr. Ade Nursanti, M.Ed.

    Ibu Ade Nursanti dari Prodi Psikologi akan menceritakan pengalamannya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah Psikologi Sekolah. Mahasiswa akan diajak mengeksplorasi peran, fungsi, dan permasalahan yang dihadapi seorang Psikolog Sekolah melalui hasil penelitian (i.e., jurnal) dan berdialog dengan Psikolog Sekolah di beberapa sekolah.

    View Section Modules
    Modules:URL: 1Berkas: 4
  • Aya Yahya, Lc., M.H.

    Pak Aya Yahya merupakan dosen khusus mata kuliah agama yang ditugaskan pada Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi. Pada kesempatan ini, beliau membagikan pengalaman dan proses dalam membuat mata kuliah Agama 2 (Taharah) menjadi lebih bermakna dan berdampak positif bagi mahasiswa, baik dalam kognitif (i.e., berpikir kritis) dan prilaku (i.e., menjadi seorang muslim). Banyak hal dalam mata kuliah ini yang dimodifikasi, termasuk cakupan pokok bahasan, cara menyampaikan materi, optimalisasi kegiatan asinkronus, dan peran serta asisten.

    View Section Modules
    Modules:URL: 1Berkas: 2
  • Kukuh Fadli Prasetyo, M.H.

    Pak Kukuh Fadli Prasetyo dari Prodi Ilmu Hukum akan menceritakan pengalamannya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah Sosiologi Hukum. Pada mata kuliah pilihan ini, selain mencapai target CPL, beliau ingin meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam membuat analisis dan menulis melalui tugas dan kegiatan belajar lainnya. Tidak hanya itu, pada semester ini, untuk pertama kalinya Pak Kukuh memanfaatkan poin sikap dalam perkuliahannya untuk melatih prilaku positif mahasiswa.

    View Section Modules
    Modules:URL: 1Berkas: 3
  • Penny Rahmah Fadhilah, M.Si.

    Ibu Penny Rahmah dari Prodi Manajemen mebagikan pengalamannya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah Statistika Bisnis. Beliau mengkombinasikan kuis mingguan dan proyek untuk melatih mahasiswa lebih mandiri dalam belajar; fokus pada proses, bukan pada nilai.

    View Section Modules
    Modules:URL: 1Berkas: 3
  • Ananta Hagabean, MBA.

    Pak Ananta Hagabean dari Prodi Manajemen membagikan pengalamannya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah Portofolio dan Manajemen Investasi. Pada mata kuliah ini, beliau bernavigasi mengakomodir kebutuhan mahasiswa, target mata kuliah, keterkaitan dengan mata kuliah lain, dan tim dosen yang mengajar mata kuliah yang sama. Tidak hanya itu adanya kerja sama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Indopremier, yang membuat mata kuliah ini terasa lebih nyata secara praktik. Melalui Project Based mahasiswa akan menghasilkan sebuah laporan hasil portofolio saham yang dipilihnya  Menariknya nilai project based juga turut berkontribusi dalam komponen penilaian UAS.

    View Section Modules
    Modules:URL: 1
  • Elan Suherlan, M.Si.

    Siapa yang tidak kenal Pak Elan Suherlan? Beliau berusa mendidik mahasiswanya menjadi manusia yang hakiki dengan sepenuh hati. Kali ini, beliau akan menceritakan pengalamannya mendesain mata kuliah Matematika Diskret 2. Pada mata kuliah ini, beliau memaksimalkan asinkronus di LAYAR dengan kuis dan tugas, keduanya dinilai secara otomatis. Beliau juga memberikan kegiatan refleksi dengan memanfaatkan peta konsep untuk membantu mahasiswa menyusun berbagai konsep yang dipelajari pada mata kuliah ini, dan pada akhirnya, menghubungkannya dengan berbagai materi pada mata kuliah lainnya.

    View Section Modules
    Modules:URL: 1Berkas: 3
  • Herika Hayurani, M.Kom. dan Nurmaya, M.Eng.

    Ibu Herika Hayurani dan Ibu Nurmaya, duet dosen dengan karakter, filosofi, dan prinsip yang agak berlawanan. Semester ini, mereka semakin jauh meninggalkan gaya teacher-centered dengan menyediakan kegiatan belajar yang lebih partisipatif, seperti design case study, peer evaluation, pair programming, dan refleksi dengan memanfaatkan concept map. Mereka semakin menyadari bahwa melalui student-centered learning, mereka tetap bisa mendidik dengan sepenuh hati, walau butuh tenaga lebih untuk menyesuaikan mindset dan menyiapkan berbagai kegiatan belajar. 

    View Section Modules
    Modules:URLs: 2Berkas: 5Folder: 1