Berikan pendapatmu tentang dosen berkualitas di Universitas YARSI melalui https://layar.yarsi.ac.id/course/view.php?id=12871
Halaman mata kuliah ini di desain untuk membantu simulasi kelas hibrida ketika dilakukan Collaborative Smart Classroom pada kegiatan open room. Setelah mengikuti seluruh kegiatan belajar pada halaman ini, kamu akan mampu melakukan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opporunity, dan Threats) untuk diri sendiri, yang dapat membantu kamu merencanakan langkah lebih terarah.
Gen-AI dalam mata kuliah ini dapat digunakan untuk membantu kamu memahami ekspektasi dari proses refleksi atau kualitas dari analisis SWOT. Penggunaan gen-AI menjawab pertanyaan refleksi tidak direkomendasikan karena membuat tujuan refleksi tidak dapat tercapai. Walaupun tidak rekomendasikan, tidak ada pemeriksaan atau konsekuensi khusus terhadap jawaban refleksi yang menggunakan gen-AI.
Kecuali disebutkan secara spesifik, materi, urutan penyajian, animasi, dan pertanyaan yang ada dalam kuliah ini merupakan milik Direktorat Pembelajaran Jarak Jauh yang sengaja didistribusikan dengan lisensi Creative Common BY-NC-SA 4.0 International (https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/).
Dapatkan informasi terkini terkait mata kuliah melalui forum ini, seperti pengumuman kegiatan, sumber belajar baru, atau apresiasi terhadap sikapmu. Pastikan kamu tetap subscribe forum ini agar mendapatkan notifikasi ketika ada berita baru.
Gunakan forum ini untuk mendiskusikan isu dan tantangan yang kamu temui ketika berinteraksi dengan sumber atau kegiatan belajar. Instruktur, asisten, atau rekan mahasiswa lainnya akan menjawab pertanyaanmu. Pastikan tidak ada informasi sensitif dalam tulisanmu karena akan dibaca oleh banyak orang, serta gunakan Bahasa Indonesia dan etika komunikasi daring (lihat dokumen di bawah).
Mata kuliah ini dilaksanakan secara blended dan hibrida. Artinya, kamu akan berpartisipasi dalam kegiatan sinkronus dan asinkronus, di mana pertemuan sinkronus akan mempertemuan mahasiswa yang datang secara luring dan daring. Agar kamu dapat berhasil mencapai target kompetensi dalam mata kuliah ini, kamu perlu merapihkan motivasi belajarmu, strategi belajar daring dan luring, serta etika dalam komunikasi daring. Dokumen ini berisi beberapa poin penting yang dapat kamu manfaatkan untuk ketiga hal tersebut.
Berikan kritik dan saran untuk kualitas mata kuliah dan membangun suasana belajar yang baik. Semua kritik dan saran bersifat anonimus dan tidak akan mempengaruhi nilai.
Tujuan dari mata kuliah ini adalah membantu kamu agar mampu menyusun rencana tindakan yang efektif dalam konteks pribadi, sosial, dan profesional dengan mempertimbangkan kelemahan dan kekuatan yang kamu miliki. Pada dokumen ini, kamu dapat membaca secara detail tentang capaian pembelajaran, kegiatan belajar, asesmen, komponen penilaian, kebijakan penggunaan gen-AI, kebijakan plagiarisme, dan kebijakan perbaikan nilai.
Setelah membaca dokumen ini dan jika kamu setuju, silahkan tanda tangani secara digital kegiatan kontrak kuliah di bawah. Jika kamu tidak melakukan hal tersebut, maka kamu hanya dapat mengakses dua topik pertama pada mata kuliah ini. Jika kamu tidak setuju, silahkan batalkan pengambilan mata kuliah ini pada waktu perubahan Kartu Rencana Studi.
DPJJ kesulitan memilih singkatan Collaborative Smart Classroom yang paling representatif. Kami membutuhkan bantuanmu untuk hal ini. Ada dua pilihan ringkatan dengan filosofi yang berbeda, yaitu:
Kami membutuhkan kamu untuk memilih singkatan yang menurutmu paling tepat pada Google Form pada aktivitas ini! Terima kasih untuk kesediaanmu.
Setelah menyelesaikan berbagai kegiatan belajar sinkronus dan asinkronus dalam topik ini, kamu akan mampu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan diri melalui refleksi dan umpan balik dari orang-orang sekitar. Topik ini dapat diakses tanpa perlu menyetujui kontrak kuliah.
Kamu diharapkan untuk mengikuti pertemuan sinkronus serta menyelesaikan kegiatan asinkronus: satu Diskusi, Refleksi, dan Tugas. Jika ada pertanyaan terkait materi, sumber, atau kegiatan belajar pada topik ini, silahkan tuliskan dalam aktifitas "Forum Diskusi", tanyakan ke asisten, atau tanyakan pada pertemuan sinkronus topik berikutnya.
Setelah menyelesaikan kegiatan belajar ini, kamu akan mampu mengategorikan konsep diri yang kamu miliki, baik fisik maupun nonfisik, sebagai kekuatan atau kelemahan.
Pertemuan sinkronus hibrida akan dilakukan via Microsoft Teams, yang dapat diakses dengan membuka tautan di atas. Kamu dapat mengikuti pertemuan ini tanpa harus memiliki akun Microsoft Teams.
Pada kegiatan ini, kamu harus menuliskan tiga kekuatan dan tiga kelemahan yang kamu miliki dalam waktu 10 menit. Jawabanmu akan dibaca oleh semua orang, jadi pastikan konsep diri yang kamu tuliskan di sini bukan informasi sensitif.